Turut Berkontribusi dalam Program MBKM, Dosen UVERS Berhasil Menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Program Kampus Mengajar Angkatan 7

Dunia Kampus saat ini sedang gencar-gencarnya menjalankan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Oleh Kemendikbudristekyang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier. Salah satu program dan kegiatan unggulan adalah Kampus Mengajar. Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Tidak hanya mahasiswa yang harus bersaing secara nasional untuk lolos dalam program Kampus Mengajar, tetapi dosen yang ingin menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) juga harus bersaing secara Nasional.

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Universal (UVERS) Steffi Adam, S.SI, M.MSI., menjadi salah satu dari ribuan pendaftar DPL yang lolos. Beliau berhasil menjadi DPL Kampus Mengajar Angkatan 7. Saat ini, rangkaian kegiatan dalam program Kampus Mengajar sedang berlangsung dan penugasan mahasiswa ke sekolah-sekolah akan dimulai pada 26 Februari 2024. Steffi menjelaskan bahwa tugas-tugas dari DPL tidak hanya mendampingi mahasiswa dalam proses mengajar di sekolah-sekolah yang dituju, tapi juga melakukan komunikasi terhadap mitra dan instansi-instansi terkait seperti Dinas Pendidikan setempat untuk keperluan perijinan kegiatan di sekolah tujuan.

Saat ini ada 10 mahasiswa yang menjadi mahasiswa bimbingan beliau. Mahasiswa tersebut berasal dari beberapa kampus yaitu Universitas Riau Kepulauan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Terbuka dan Universitas Wahid Hasyim Semarang. Hadirnya mahasiswa dalam kegiatan kampus mengajar dengan tujuan yang salah satunya bisa menjadi mitra guru-guru pada sekolah tujuan untuk berinovasi dalam pembelajaran, kemudian dalam pengembangan strategi dan pengembangan model pembelajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. (Sh)

Postingan Terbaru

Scroll to Top