Pemenang I Putra Duta Bahasa Kepri Tahun 2023 Berhasil Diraih Oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UVERS

Batam, 25 Mei 2023 – Pemilihan Duta Bahasa Kepulauan Riau Tahun 2023 berhasil membawa Hendi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS) dari Kota Batam, menjadi Pemenang I Putra Duta Bahasa Kepulauan Riau Tahun 2023. Puncak acara Kompetisi yang diadakan oleh Kantor Bahasa Kepulauan Riau Tahun 2023 dilaksanakan Sabtu (20/05) bertempat di Hotel Aston Tanjung Pinang. Kompetisi ini diikuti 10 peserta putra dan 10 peserta putri yang berasal dari seluruh daerah di Kepulauan Riau.

Hendi menceritakan bahwa ada beberapa proses seleksi yang Ia lalui untuk sampai pada tahap ini. Dimulai dari seleksi berkas dan lolos sebagai 40 besar finalis. Dilanjutkan dengan seleksi interview secara daring melalui zoom meeting yang menghasilkan 20 besar finalis yang bisa melaju ke babak final. 20 orang finalis termasuk Hendi, melanjutkan proses seleksi dengan mengikuti kegiatan Santiaji selama 3 hari untuk mendapatkan materi dan pelatihan. Selain itu para finalis juga mengikuti Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI). Dalam UKBI tersebut, Hendi berhasil mendapat predikat “Sangat Unggul”, hingga mengantarkan beliau menjadi Pemenang I Putra Duta Bahasa Kepulauan Riau (Kepri) Tahun 2023.

Terpilihnya Hendi sebagai Putra Duta Bahasa Kepri 2023 memberikan kesan yang membahagiakan dan membanggakan bagi beliau, “Setelah mengikuti kompetisi ini, saya sangat senang karena mendapatkan banyak wawasan dan ilmu baru tentang kebahasaan dan budaya melayu Kepulauan Riau, selain itu saya juga sangat bangga ketika terpilih sebagai pemenang karena ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya. Harapan saya bahwa generasi muda kita harus berani melangkah dan mecoba hal yang baru supaya kita bisa menjadi motivasi dan memberikan pengaruh positif kepada orang-orang yang berada disekitar kita. Tentunya saya juga ingin berpesan kepada semua orang untuk selalu peduli akan bahasa dan budaya kita.” (Sh)

Scroll to Top