UVERS Berdayakan Pengrajin Batik Batam Melalui Website Dekranasda

Kemajuan teknologi telah membawakan banyak kemudahan kepada masyarakat, oleh karena itu hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mempelajari dan memanfaatkan teknologi dengan baik. Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Universal (UVERS) memiliki dharma untuk mengabdi kepada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian UVERS adalah dengan membangun website untuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam.

Website Dekranasda Kota Batam ditujukan untuk menghubungkan antara Dekranasda Kota Batam dan mitra binaannya, yaitu para pengrajin Batik Batam. Dalam proses pengembangannya, website tersebut diperkenalkan kepada para pengrajin. Kegiatan pengenalan yang dilaksanakan pada Kamis (25/10) tersebut dikemas dalam dua Workshop sekaligus, yaitu Pengelolaan Kerajinan Khas Daerah Menggunakan Teknologi Informasi serta “Teknik Pengambilan Foto dan Desain Produk yang Menarik”.

Bertempat di Teater Harmonis UVERS, kegiatan workshop tersebut dihadiri oleh Marlin Agustina Rudi selaku Ketua Umum Dekranasda Kota Batam. Selain itu, beberapa Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Batam juga tampak hadir. “Terima kasih UVERS telah membantu kami dengan adanya pengembangan web Dekrasnada dan teknik promosi produk, agar Batik Batam makin dikenal” ujar Marlin Agustina Rudi. Ketua Umum Dekranasda Kota Batam yang juga istri Walikota Batam Muhammad Rudi tersebut menyebutkan bahwa Kota Batam masih kekurangan pengrajin, sehingga ia mewacanakan program satu kecamatan satu pengrajin, tentu bantuan dari UVERS menjadi pemacu semangat pula bagi Dekranasda Kota Batam.

“Usaha Kecil dan Menengah di Kota Batam sangat membutuhkan pemberdayaan, pemberdayaan tersebut dilakukan oleh Universitas Universal (UVERS) melalui pembinaan dalam rangka menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat.” tegas Dr. Kisdarjono, Rektor Universitas Universal (UVERS). Ia menyebutkan bahwa implementasi pengabdian kepada masyarakat dalam fenomena ini dilakukan dengan memberdayakan pengrajin melalui pengembangan website Dekranasda agar pengrajin dapat terkoneksi dengan Dekranasda. Selain itu, dengan bantuan teknologi, diharapkan para pengrajin juga dapat bersaing dengan pengusaha lainnya di pasar.

Dalam kegiatan ini, UVERS dan Dekranasda Kota Batam juga bersepakat untuk menjalin kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani bersama. Kerjasama antara UVERS dan Dekranasda Kota Batam tersebut akan mencakup pengembangan kurikulum tepat sasaran antara Dunia Kerajinan dan Dunia Akademis. Selain itu, Kolaborasi tentang Pengembangan Teknologi Informasi dan menerapkannya kepada masyarakat juga akan dilaksanakan bersama. Hal-hal tersebut tentu ditujukan demi menyelesaikan masalah Kerajinan/Industri Kecil, termasuk dengan melakukan penelitian, serta Pelaksanaan seminar, kuliah tamu, hingga workshop. (AS)

Scroll to Top