UVERS Dan Dinas Pariwisata Lingga Perkenalkan Destinasi Wisata Khas Sejarah dan Budaya Melayu

Batam, 26 Maret 2019 – Indonesia sering disebut sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau. Salah satu provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil yang tersebar disekelilingnya yaitu Kepulauan Riau (Kepri). Kepri memiliki beberapa kabupaten dengan pulau-pulau kecil yang patut untuk di explore. Kabupaten yang patut untuk dijelajahi lebih jauh karena memiliki destinasi yang menarik yaitu Kabupaten Lingga. Saat ini Kabupaten Lingga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing karena kabupaten tersebut memiliki ikon wisata dan juga masih kental dengan sejarah dan budaya melayu yang dimilikinya.

Kabupaten Lingga yang saat ini mulai ter-expose mendorong pemerintah Lingga untuk memperkenalkan lebih jauh mengenai potensi wisata, sejarah, dan budaya Kabupaten Lingga melalui Talkshow Public Expose “Exploring Lingga”. Proses perkenalan yang dikemas dalam bentuk talkshow ini menghadirkan penulis buku “Exploring Lingga” yaitu Edi Sutrisno sebagai narasumber. Raja Fahrurazzi selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga juga hadir untuk memberikan materi terkait potensi Kabupaten Lingga. Raja Fahrurazzi mengajak peserta untuk mengenal sejarah Kabupaten Lingga yang pernah menjadi ibukota negara pada zaman dahulu. Selain itu ia juga memperkenalkan tentang beberapa ikon wisata dan budaya Lingga yang masih eksis sampai saat ini yaitu Pulau Benaan dan tradisi Maddi Syafar. Kedua ikon tersebut berhasil menarik minat wisatawan asing sehingga saat ini cukup banyak wisatawan asing yang mengunjungi Lingga Untuk berlibur.

Hal ini juga dipertegas oleh Edi Sutrisno sebagai penulis buku “Exploring Lingga” yang sudah lebih dulu melakukan eksplorasi di Kabupaten Lingga sehingga bisa mengahasilkan sebuah buku. Edi mengajak para peserta untuk ikut merasakan langsung destinasi yang disuguhkan Lingga kepada para wisatawan. Hal-hal menarik seputar Lingga yang ia paparkan bahwa Lingga merupakan Bunda Tanah Melayu dan informasi menarik lainnya bahwa Kabupaten Lingga adalah salah satu wilayah Indonesia yang dilalui oleh Garis Khatulistiwa, sehingga di Lingga juga dibangun landmark yang dinamakan Tugu Khatulistiwa. Selain itu Edi juga menambahkan bahwa Lingga bisa menjadi bahan yang dapat diteliti untuk menjadi sebuah skripsi. Sehingga beliau mengajak para peserta yang mayoritas mahasiswa untuk dapat melakukan eksplorasi lebih jauh di Lingga.

Talkshow yang berlangsung di Universitas Universal juga menghasilkan kerjasama antara Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga dengan Universitas Universal (UVERS) yang bertempat di Ruang Auditorium 101 Gedung B pada 25 Maret 2019. Talkshow yang dilaksanakan tersebut menjadi salah satu dari ruang lingkup kerjasama yang selanjutnya akan dilaksanakan oleh UVERS dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga yaitu penyelenggaraan seminar/kuliah umum dan workshop/pelatihan. Point penting lainnya dalam kerjasama yaitu agar dapat terlaksananya Tridharma Universitas dan kunjungan lapangan (magang industri) serta promosi. (Sh)

Scroll to Top