Pusat Bahasa UVERS Kenalkan Budaya Kota Kuno Quanzhou Tiongkok Bersama Liming Vocational University

Wawasan lintas budaya telah menjadi modal penting dalam pergaulan internasional bagi masyarakat dunia. Masyarakat Indonesia juga diharapkan untuk memiliki wawasan lintas budaya terkait negara sahabat lainnya. Kebutuhan tersebut menginspirasi Pusat Bahasa Universitas Universal (UVERS) untuk turut serta menjadi penyelenggara dalam Online Camp bertajuk “Warisan Dunia di Quanzhou” yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Kota Quanzhou di Tiongkok sebagai warisan dunia.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Pusat Pendidikan dan Kerjasama Bahasa Asing Kementerian Pendidikan Tiongkok tersebut diselenggarakan berkat kerjasama antara Pusat Bahasa UVERS, Badan Koordinasi Pendidikan Tionghoa Jakarta, dan Liming Vocational University Tiongkok. Meskipun dilaksanakan secara daring, Online Camp yang dibuka pada Minggu (16/01) tersebut memberikan wawasan yang cukup padat terkait kebudayaan Kota Quanzhou kepada para peserta.

Ratusan peserta yang berasal dari SMP dan SMA Maitreyawira Batam akan mengikuti beberapa kategori kelas, diantaranya Kelas Bahasa, Kelas Budaya, dan Kelas Keterampilan yang meliputi materi pakaian tradisional, kuliner, arsitektur, pariwisata, dan seni. Rangkaian Online Camp tersebut mengusung beberapa topik, yaitu Makanan Khas Quanzhou, Perdagangan Maritim Masa Dinasti Song dan Yuan, Koleksi Sastra dan Seni Sutra, Arsitektur Bata Merah Khas Fujian Selatan, hingga Busana Nelayan Tradisional Khas Quanzhou.

Dalam rangka untuk mendukung pembelajaran dalam Online Camp, Liming Vocational University juga mengirimkan puzzle, tali pita untuk pembuatan Seni Simpul Tiongkok, dan baju tradisional khas Quanzhou kepada para peserta. Dengan demikian peserta akan semakin memiliki wawasan lintas budaya sejak dini. (AS)

Scroll to Top