Pusat Bahasa UVERS Kenalkan Budaya Perayaan Mooncake Festival Kepada Siswa SMP Maitreyawira Batam

Masyarakat Indonesia merupakan kesatuan besar yang berlatar belakang beragam, keberagaman tersebut menghadirkan keunikan budaya menarik untuk diamati. Budaya Tionghoa menjadi salah satu budaya yang melengkapi kebersamaan antar budaya, mooncake festival ialah salah satu bagian perayaan besar dalam budaya Tionghoa yang tidak lagi asing bagi masyarakat. Jelang perayaan mooncake festival internasional, Pusat Bahasa Universitas Universal mengajak siswa SMP Maitreyawira Batam untuk semakin mengenal budaya tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (27/08) tersebut didukung oleh Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta dan bertajuk Kegiatan Penyambutan Festival Kue Bulan atau xi ying zhong qiu ti yan huo dong. Pembuatan snowskin mooncake dan seni gunting kertas Tiongkok menjadi kegiatan inti dalam acara yang melibatkan kebersamaan serta kerjasama orangtua dan siswa. Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Gedung Pendidikan C UVERS tersebut dihadiri secara luring oleh Bapak Liyas Masri selaku Ketua Umum Yayasan Pancaran Maitri, Dr. techn. Aswandy, M.T. selaku Rektor UVERS, dan Suyarti Dewi Sastika, B.Ed selaku Kepala SMP Maitreyawira Batam.

Sedangkan Arifin Zein selaku Ketua Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin, Yu Wenqiong selaku Sekretaris Eksekutif dan Direktur Kantor Penghubung Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta, Lupeng dari Center for Language Education and Cooperation, dan Yu Wenmei, Direktur Keuangan Eksekutif Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta hadir dalam kegiatan ini secara daring melalui platform Zoom Meeting.

Dalam perayaan yang dihadiri oleh ratusan siswa dan orangtua tersebut, Bapak Liyas Masri selaku Ketua Yayasan Pancaran Maitri menyampaikan bahwa perayaan mooncake festival mengandung makna Bahagia bersama, harmonis bersama, dan rukun bersama. (AS)

Scroll to Top