Dosen UVERS Dipercaya Sebagai Pembimbing Lapangan MSIB Pada Perusahaan Bergengsi

Perkembangan zaman telah memberikan banyak perubahan dan penyesuaian pada berbagai hal, salah satu yang mengalami perubahan adalah aktivitas dosen sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi. Saat ini dosen tidak hanya melakukan kegiatan mengajar di dalam kelas, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM mendorong dosen untuk turut melakukan kegiatan di luar kampus guna meningkatkan kompetensi diri. Salah satunya melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MSIB.

Program MSIB ditujukan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi terbaik, terkini, dan terdepan untuk menghadapi kebutuhan masa depan. Selain mahasiswa, dosen juga dapat berperan sebagai pembimbing lapangan dalam program tersebut. Ihsan Verdian, S.Kom., M.Kom., ACA, Yonky Pernando, S.Kom., M.Kom, dan Steffi Adam, S.SI., M.MSI adalah pembimbing lapangan MSIB dari Fakultas Komputer Universitas Universal (UVERS). Selama bertugas, para dosen akan memastikan program mitra berjalan sesuai MSIB, melakukan evaluasi program MSIB mitra, hingga mengumpulkan tanggapan peserta terkait program yang mereka ikuti.

Ketiga dosen tersebut ditugaskan untuk menjadi pembimbing lapangan pada beberapa perusahaan bergengsi, yaitu Liputan6.com, Petrokimia Gresik, dan Apple Developer Academy. Sebelumnya informasi pembimbing lapangan tersebut didapatkan oleh para dosen melalui laman pemerintah. Kemudian, dilanjutkan dengan seleksi Tes Wawasan Kebangsaan dan Wawacara, hingga akhirnya diterima dan menjalani tugas dari September 2022 hingga Januari 2023. “dosen harus selalu mengembangkan diri, tidak hanya berkutat dalam hal akademik” ucap Ihsan Verdian, S.Kom., M.Kom., ACA. Ia berpendapat dosen tetap perlu menambah wawasan dan relasi, sehingga memberikan dampak baik pada mahasiswa.

Bertugas di Liputan6.com, Ihsan Verdian, S.Kom., M.Kom., ACA akan menangani beberapa program magang, antara lain Content Entertainment, Content News, IT Vertical and Commercial Support, Multimedia and Event, Operation, Product, SEO, Social Media Marketing, dan Sport. Di sisi lain, Steffi Adam, S.SI., M.MSI yang bertugas di Studi Independen Apple Developer Academy akan mengawasi jalannya program tersebut di Surabaya, Jakarta, dan Batam dengan total 40 peserta.

Di Petrokimia Gresik, Yonki Pernando, S.Kom., M.Kom akan memastikan magang pada beberapa posisi, yaitu Agricultural Researcher Intern, Civil, Architecture, and Urban Development, Corporate Finance Intern, Electrical Design Intern, English Lilterature (Board Office) Intern, Human Resource and Organization Intern, Human Resource Information System Intern, Information Management System Intern, Inspection Engineer Project Intern, Marketing Intern, Port Design & Planning Inventory Control Intern, Production Intern, Reliability Intern. (AS)

Scroll to Top