Mengangkat Pulau Ngenang, Mahasiswa Prodi Seni Tari Berhasil Melaksanakan Wisata Seni Dan Workshop Tari

Batam, 25 November 2022 – Kota Batam dikenal dengan kebudayaan melayu yang cukup kental. Dan ternyata memiliki banyak sekali seni kebudayaan yang dapat diperkenalkan dan terus dikembangkan menjadi salah satu bagian dari kekayaan kebudayaan Indonesia. Dikemas dalam bentuk seni wisata, mahasiswa Program Studi Seni Tari Universitas Universal (UVERS) membuat tour di salah satu pulau yang ada di Kota Batam yaitu Pulau Ngenang. Tour yang dilaksanakan pada Minggu (13/11), mengajak para peserta untuk melihat budaya lokal yang sangat menarik dan indah, serta memiliki nilai estetika yang tentunya harus dilestarikan. Adapun rute perjalanan yang dilalui meliputi Rumah Kerang, Rumah Tenun, Rumah Batik, Rumah Rajut, Pertunjukan Budaya Lokal dan Kerajinan Bahan Alam.

Sebelum melaksanakan kegiatan seni wisata Pulau Ngenang, pada hari sabtu (12/11) telah dilaksanakan kegiatan workshop tari yang mengangkat salah satu tarian yang juga berasal dari Pulau Ngenang yaitu Tari Zapin Ngenang. Workshop tari dengan topik “Revitalisasi Dalam Bingkai Pemajuan Kebudayaan” dibawakan oleh Wahyuji Andayani,B.B.A. bertempat di Hall Gedung C UVERS. Dua kegiatan tersebut merupakan bentuk capaian dari mata kuliah Seni Wisata dan Workshop Tari yang diampu oleh Dosen Prodi Seni Tari UVERS Nur Sekreningsih Marsan, M.Sn.

Rohil Aditya sebagai ketua pelaksana seni wisata Pulau Ngenang,  menceritakan awal mula munculnya ide untuk mengangkat kebudayaan lokal Pulau Ngenang. Yang mana sebelumnya beliau pernah menjadi partisipan dalam salah satu festival yang diadakan di Pulau Ngenang. Dari sanalah beliau merasa bahwa banyak seni budaya yang dapat dieksplor dan diperkenalkan kepada masyarakat luas juga Pulau Ngenang perlu untuk diperkenalkan agar bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata. Hal yang membuat Rohil terkesan dari project Pulau Ngenang adalah warga lokal benar-benar antusias dalam membantu untuk mewujudkan kegiatan tersebut. Sehingga muncul harapan bahwa Pulau Ngenang dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas dan menjadi destinasi wisata baik dalam negeri maupun luar negeri. (Sh)

Scroll to Top