Juarai Perlombaan Public Speaking, Mahasiswa UVERS Berbicara Tentang Peran Perempuan Dalam Teknologi Pada Speak Out for Engineering Competition

Batam, 11 Mei 2023 – Dalam rangka memperingati International Women’s Day sekaligus juga memperingati Hari Kartini, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) chapter Malaysia dan PII Kepri yang berkerja sama dengan ITEBA, International University, Institution of Mechanical Engineers, Poli Batam, dan PT. Lancang Kuning Sukses Batam mengadakan kompetisi dengan tema “Speak Out for Engineering Competition”. Pada kompetisi tersebut, Universitas Universal (UVERS) turut serta aktif mengikuti Public Speaking Competition. Perwakilan UVERS berasal dari Fakultas Teknik yaitu Winlie Chang dan Tasia Paulina yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Industri.

Public Speaking Competition yang mengusung topik “Investing in The Future of Girls and Women in Engineering and Technology”, berhasil menghantarkan mahasiswa UVERS menempati posisi juara 2 oleh Winlie Chang dan juara 3 oleh Tasia Paulina pada Kompetisi tersebut. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada Sabtu (06/05) bertempat di Auditorium ITEBA, dengan rangkaian acara berupa seminar dan visit tour ke salah satu perusahaan multinasional yang ada di Kota Batam yaitu PT. McDermott Indonesia.

Dalam wawancara yang dilakukan pada salah satu pemenang yaitu Winlie Chang, beliau bercerita bahwa kompetisi diikuti tidak hanya dari mahasiswa yang berada diwilayah Kepri, namun juga ada dari Malaysia dan Singapura. Hal ini menjadikan Winlie semakin semangat dalam mengikuti kompetisi karena dapat menambah pengalaman dan mengasah skill yang dia punya. Dalam pidatonya, Winlie memberikan pandangannya terhadap peran Wanita dalam bidang Teknik dan teknologi. Winlie berkata bahwa, “pada zaman sekarang, khususnya pada bidang science, matematika, teknologi dan engineering sendiri, peran wanita atau wanita yang masih berkecimpung dibidang itu masih sedikit. Melalui pidato yang saya sampaikan saya ingin meyakinkan atau memberikan keberanian bahwa wanita seumur saya atau teman-teman saya sendiri bahkan, bahwa bidang yang saya pilih (Teknik) itu bagus dan akan menjadi future yang baik untuk kita. Jadi meng-encourage women bahwa ini bidang yang menjanjikan loh jadi gausa takut untuk bisa berkecimpung di bidang ini.”

Tema kompetisi tentang peran perempuan dalam bidang teknik dan teknologi yang ditawarkan tersebut menjadi salah satu alasan yang memotivasi Winlie untuk ikut serta dalam kompetisi karena tema tersebut dirasa menarik untuk dibahas. Terlebih lagi kedua mahasiswa UVERS yang ikut serta mendapat dukungan penuh dari dosen yang memberikan informasi dan membimbing mereka dalam kompetisi tersebut yaitu Handi Wilujeng Nugroho, S.T., M.T, Gita Prajati, S.Si., M.T dan Rivara Syara Nasution, S.T., M.Sc. (Sh)

Scroll to Top