Cara Cerdas Kelola Keuangan Mahasiswa: Biar uang tetap aman sampai akhir bulan!

Sobat UVERS! Jadi mahasiswa emang kadang seru banget, tapi urusan manage keuangan bisa jadi tantangan tersendiri ya. Gaji dari part-time job, uang bulanan dari orang tua, atau beasiswa, kadang berasa nggak cukup sampai akhir bulan. Nah, supaya kantong nggak gampang kempes di tanggal tua, simak tips dan trik mengelola keuangan berikut ini. Dijamin, kamu bakal jadi lebih pinter ngatur duit!

1. Buat Anggaran yang Realistis

Langkah pertama adalah bikin anggaran. Catat semua pemasukan dan pengeluaran kamu. Bedain mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Misalnya, biaya kos, makan, dan transportasi adalah kebutuhan, sedangkan ngopi di kafe atau nonton bioskop adalah keinginan. Tetapkan batas pengeluaran untuk masing-masing kategori dan patuhi anggaran itu.

Tips Praktis:

  • Gunakan aplikasi keuangan untuk membantu kamu mencatat dan mengelola anggaran.
  • Alokasikan dana untuk tabungan setiap bulannya, walaupun sedikit. Kebiasaan menabung ini akan sangat berguna di masa depan.

2. Prioritaskan Pengeluaran

Setelah punya anggaran, kamu harus pintar-pintar memprioritaskan pengeluaran. Dahulukan kebutuhan pokok seperti biaya kuliah, makan, dan tempat tinggal. Baru setelah itu, kamu bisa memikirkan hiburan dan hobi. Dengan begitu, kamu nggak akan kehabisan uang buat hal-hal yang lebih penting.

Tips Praktis:

  • Coba metode 50/30/20: 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau investasi.
  • Bikin daftar prioritas setiap bulannya dan evaluasi pengeluaran kamu secara rutin.

3. Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Sebisa mungkin, hindari berhutang. Hutang bisa jadi beban di masa depan, apalagi kalau bunga hutangnya besar. Kalau memang terpaksa harus berhutang, pastikan kamu punya rencana jelas untuk melunasinya.

Tips Praktis:

  • Hindari pinjaman online yang tidak jelas dan bunga yang mencekik.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Selain mengatur pengeluaran, kamu juga bisa cari cara untuk menambah pemasukan. Banyak peluang kerja part-time atau freelance yang fleksibel dan nggak mengganggu jadwal kuliah kamu.

Tips Praktis:

  • Manfaatkan skill yang kamu punya. Misalnya, kalau jago desain, coba cari proyek freelance di situs seperti Upwork atau Fiverr.
  • Pertimbangkan untuk jualan online. Kamu bisa jual barang-barang preloved atau bahkan bikin produk sendiri.

5. Miliki Dana Darurat

Dana darurat penting banget buat antisipasi hal-hal tak terduga, misalnya ban motor yang tiba- bocor, paket internet yang habis, dll. 

Tips Praktis:

  • Simpan dana darurat di rekening yang mudah diakses tapi nggak gampang diambil.
  • Mulai dari nominal kecil dan tingkatkan secara bertahap.

Postingan Terbaru

Scroll to Top