Berita

Kunjungan Industri ke Stasiun BMKG Hang Nadim Batam

Selasa, 6 Februari 2024
kunjungan-industri-ke-stasiun-bmkg-hang-nadim-batam

Batam, 29 Agustus 2023 - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi di Indonesia merupakan bagian dari kurikulum baru yang memberi hak kemerdekaan untuk belajar bagi sivitas akademik. Penerapan kegiatan-kegiatan bagian dari MBKM mendorong kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Mitra guna mencapai proses pembelajaran bagi mahasiswa. Kegiatan MBKM yang dimana dilaksanakan yaitu Kunjungan Industri. Kunjungan Industri merupakan kegiatan  pembelajaran di luar kampus yang  berguna untuk menambah wawasan mahasiswa dan menyaksikan secara langsung kondisi dan kegiatan industri yang sesuai dengan kurikulum atau agenda atau materi yang direncanakan.

Penggunaan teknologi baik perangkat lunak dan perangkat keras telah marak digunakan baik instansi pemerintahan, swasta, dan usaha. Ada banyak berbagai macam bentuk penerapan teknologi, salah satunya penerapan teknologi terhadap kondisi lingkungan atau iklim. Salah satu yang menerapkan teknologi tersebut adalah suatu Lembaga Pemerintahan di Indonesia, yaitu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang Non Departemen dimana melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. BMKG pasti terdapat di setiap kota besar setiap provinsi yang ada di Indonesia. Penggunaan perangkat teknologi yang digunakan pada BMKG wajib 24 jam setiap hari aktif, dimana data tersebut mana yang harus dipublikasi ke media sesuai kebutuhannya. 

Kunjungan Industri ini menargetkan BMKG yang berada di kota Batam yaitu Stasiun Meteorologi BMKG yang bertempat di Jalan Hang Nadim Batu Besar, Bandara Hang Nadim Batam. Pada Kunjungan Industri ini juga menggali informasi baik dalam bentuk publikasi dan visual yang berhubungan dengan pembuatan perangkat lunak, mengolah data-data yang didapatkan dari perangkat-perangkat BMKG, pengujian data maupun perangkat, hingga maintenance perangkat yang tersedia di BMKG Hang Nadim.

Kegiatan Kunjungan Industri diwujudkan dengan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Perangkat Lunak (HIMAPL). Dari HIMAPL Universitas Universal yang memiliki rencana program kerja yang akan dituntaskan selama tahun jabatan di TA 2022/2023. Selain itu, peserta kunjungan industri ini juga diikuti oleh dosen FKOM, sehingga diberikan kesempatan untuk mengadakan sharing session dan rencana kolaborasi dengan Pimpinan Stasiun BMKG Hang Nadim. (WLM)