Artikel

Program Studi Teknik Informatika UVERS Adakan Kegiatan Pengenalan Pemrograman Mobile Robot di SMK Maitreyawira Batam

Senin, 29 November 2021
program-studi-teknik-informatika-uvers-adakan-kegiatan-pengenalan-pemrograman-mobile-robot-di-smk-maitreyawira-batam

Pada bulan November 2021, Prodi Teknik Informatika menyelenggarakan kegiatan pelatihan pemrograman robotik berbasis android di SMK Maitreyawira, Batam. Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi SMK Maitreyawira kelas X, XI, dan XII tersebut ditujukan untuk mengenalkan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) kepada siswa-siswi di SMK Maitreyawira serta untuk memperkenalkan pengetahuan ilmu yang baru, sebagai pengembangan minat bakat dan hobi siswa-siswi di SMK Maitreyawira. Adapun manfaat dari diadakannya kegiatan pelatihan tersebut adalah sebagai alternatif kegiatan yang lebih positif bagi siswa-siswi saat berinteraksi dengan smartphone-nya pada saat pandemi. Di pelatihan tersebut, selain praktiknya diaplikasikan secara nyata, namun juga dapat dilakukan dengan menggunakan simulator, serta tidak hanya sebatas pemrogramanan robotika saja, tetapi juga membahas tentang pemrograman Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI), yang sudah menjadi trend di dunia Informatika.

Kegiatan pelatihan diadakan selama empat minggu, setiap hari Rabu, dan dibimbing oleh Bapak M. Ibnu Safari., S.Kom., M.Kom. Pada pertemuan pertama (3 November 2021), siswa-siswi dikenalkan dengan software aplikasi Magnetcode 10, baik itu dari segi pengenalan editor, subprogram, serta perintah-perintah dasar. Pada pertemuan kedua (10 November 2021), topik yang dibahas adalah terkait pengenalan simulator, dimana siswa-siswi dikenalkan dengan berbagai komponen atau device, cara merakit komponen, cara membuat program serta menjalankan simulator. Pada pertemuan ketiga, siswa-siswi diajarkan tentang berbagai hardware, seperti komponen-komponen, sensor, protoboard, cara merakit komponen tersebut, serta membuat dan menjalankan program menggunakan hardware yang ada. Pada pertemuan keempat (24 November 2021), siswa-siswi SMK Maitreyawira diperkenalkan dengan robotika, seperti cara merakit, memprogram, dan menguji coba robot autonomous, robot gestur, serta robot voice commander.

Diharapkan, melalui kegiatan pelatihan pemrograman robotik tersebut memunculkan minat dan mendorong rasa keingintahuan siswa-siswi SMK untuk terjun ke bidang Robotika, Internet of Things, ataupun Artificial Intelligence, serta dapat mempergunakan ilmu yang didapat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat dan menjadi inovator di bidang teknologi.