Berita

MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNJUK GIGI LEWAT PRESTASI DI MANDARIN FESTIVAL VI UNESA

Sabtu, 13 November 2021
mahasiswa-prodi-pendidikan-bahasa-mandarin-unjuk-gigi-lewat-prestasi-di-mandarin-festival-vi-unesa

Universitas Universal (UVERS) selalu mendorong mahasiswa untuk tetap aktif dan produktif bahkan ditengah kondisi pandemi saat ini. Hal ini menjadikan mahasiswa UVERS seakan tidak berhenti untuk berkompetisi dan berprestasi. Kali ini prestasi kembali diraih oleh Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Mandarin. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin baru saja mengikuti kegiatan perlombaan Mandarin Festival VI yang diadakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Ada beberapa jenis perlombaan yang diadakan yaitu lomba cover lagu, lomba bakat, lomba story telling dan lomba pidato. Perlombaan diadakan dari mulai tingkat SMA dan SMK serta Universitas. Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin berhasil menyabet prestasi pada lomba story telling dan lomba pidato.

 

Pada lomba story telling bahasa mandarin, posisi juara ke-3 berhasil di raih oleh Lisa. Sedangkan pada lomba pidato bahasa mandarin, posisi juara ke-1 berhasil diraih oleh Riny Elvina. Masing-masing dari mereka memiliki ceritanya sendiri tentang keikusertaan pada Mandarin Festival VI. Riny bercerita bahwa hal yang menjadi motivasinya adalah karena sebelumnya beliau memiliki pengalaman berpidato pada saat dibangku Sekolah, sehingga hal ini membuat Riny ingin kembali mengasah skill dan pengalamannya tersebut. Hal yang menjadi motivasi Lisa ingin ikut serta pada lomba story telling bahasa mandarin karena beliau hobi dalam berkompetisi dan tentunya hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan bahasa mandarin yang dimiliki.

 

Perlombaan tersebut dilaksanakan secara nasional dan melalui online sejak 30 Agustus 2021 – 12 Oktober 2021. Mandarin Festival VI memiliki tema "Kreasi Budaya Tiongkok dalam Semangat LIBERTAS (Loyalitas, Keberanian dan Integritas) di Era Pandemi". Adapun peserta yang ikut serta dalam perlombaan tersebut merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kota di Indonesia seperti Batam, Surabaya, Malang, Jakarta, Palembang, Pontianak, Probolinggo, Bogor. (Sh)