Profil UVERS
Home
Pages
Profil UVERS

Profil UVERS


Universitas Universal (UVERS) adalah sebuah universitas swasta di Kota Batam yang didirikan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.601/E/O/2014. Universitas Universal (UVERS) berada dibawah naungan Yayasan Pancaran Maitri bersama dengan Sekolah Maitreyawira. Belasan tahun bergelut di dunia pendidikan dengan mendirikan Sekolah Maitreyawira dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK telah menginspirasi Yayasan Pancaran Maitri untuk menyediakan pendidikan yang lebih paripurna. Cita-cita tersebut diwujudkan dengan mendirikan Universitas Universal (UVERS).

Cita-cita tersebut didorong oleh tujuan mulia Yayasan Pancaran Maitri untuk menanamkan nilai-nilai Dunia Satu Keluarga melalui dunia pendidikan. Yayasan Pancaran Maitri mengharapkan nilai Dunia Satu Keluarga tidak berhenti ditanamkan karena para siswa telah lulus dari dunia sekolah. Bertujuan untuk melahirkan para profesional yang dapat berpartisipasi dalam realisasi Dunia Satu Keluarga, Universitas Universal (UVERS) menjadi salah satu catatan sejarah yang paling penting pada perjuangan ini.

Sejak pembentukannya empat setengah milyar tahun yang lalu, Planet Bumi mengalami tiga jenis evolusi, evolusi phisis (physical evolution), disusul oleh evolusi biologis (biological evolution) serta belakangan disusul juga evolusi budaya manusia (human cultural evolution). Ketiga evolusi itu lalu jalin-menjalin berjalan terus sampai sekarang dan selanjutnya ke hari depan. Hubungan antara manusia, makhluk hidup lainnya serta alam phisik pada umumnya mencapai bentuk yang kompleks.

Dalam evolusi budaya, saat ini manusia memasuki Abad 21, mencapai tingkat peradaban "techno-scientific”, dan peradaban ini berhasil memberikan kemakmuran bagi kehidupan manusia. Tetapi di sisi lain, kemakmuran itu dibeli dengan harga mahal, eksploitasi Alam berlebihan, sehingga dikhawatirkan daya dukung Planet Bumi bagi kehidupan di dalamnya cepat menurun. Interaksi antara Manusia dengan Alam di dalam upaya mendapatkan kehidupannya telah menimbulkan berbagai masalah kompleks, yang pada saat ini telah mencapai titik di mana kalau tidak dicari pemecahan yang bijaksana, keberlanjutan kehidupan itu sendiri akan terancam.

Dengan latar belakang kesadaran akan permasalahan compleks yang dihadapi manusia di Abad 21 tersebut, Universitas Universal (UVERS) didirikan untuk dapat memberi sumbangan bagi upaya kemanusiaan memecahkan masalah tersebut. Sebagai sebuah universitas, sumbangan yang dimaksud berupa pengetahuan serta manusia terdidik, untuk dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Dengan memecahkan masalah itu, manusia dapat memperoleh hari depan lebih baik, dan keberlanjutan kehidupan dapat dipertahankan.

Universitas Universal (UVERS) melihat ke depan, bahwa hari depan yang lebih baik itu bisa diperoleh. Oleh karena itu, di dalam rumusan Visi dan Misi, Universitas Universal (UVERS) ber-aspirasi untuk menjadi sebuah universitas terkemuka, yang bersama-sama dengan berbagai kekuatan lainnya di dunia bahu-membahu melalui jejaring global, membantu memecahkan masalah yang dihadapi manusia, untuk mendapatkan kehidupan lebih baik di hari depan, di dalam suatu Dunia Baru yang lebih baik. Untuk tujuan ini, upaya atau karya yang dilakukan Universitas Universal disalurkan melalui saluran Tridharma Perguruan Tinggi, mencakup mendidik Manusia Baru, serta mencari, menemukan, dan menyebarluaskan pengetahuan untuk kebaikan manusia untuk mendapatkan Kehidupan Baru yang lebih baik, dalam suatu Dunia Baru yang harmonis bukan saja antar manusia, tetapi juga harmonis antara manusia dengan Alam.

Operasionalisasi-nya lalu menuntut bahwa Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Pada Masyarakat, dilaksanakan terintegrasi, tidak dipisahkan sebagai entitas terlepas-lepas. Pendidikan untuk menghasilkan Manusia Baru menuntut pendidikan yang, di satu sisi mengasilkan lulusan handal di bidang profesi masing-masing, tetapi di sisi lain lulusan yang memiliki pandangan luas dan jauh ke depan. Secara singkat pendidikan di Universitas Universal yang demikian itu disebut sebagai “Broad-based Professional Education”, yang diselenggarakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan Profesional dan Pendidikan Umum.

Pendidikan Profesional diselenggarakan di Program Studi seperti lazimnya unversitas, sedangkan Pendidikan Umum diselenggarakan melalui Perkuliahan Matakuliah Umum. Matakuliah umum ini berfungsi untuk memberi landasan yang luas dan kuat bagi komponen pendidikan profesional, sehingga lulusan mampu mengembangkan diri dalam hidupnya mengikuti tuntutan perubahan dunia profesinya yang berubah mendasar dan cepat itu, serta memberikan wawasan luas dan jauh ke depan. Rumusan “Broad-based Professional Education” masih ditambah dimensi lain, yaitu nilai dan moralitas, serta karakter yang kuat dan mandiri. Oleh karena itu, Matakuliah Umum juga mencakup matakuliah yang berisi etika dan moralitas. Matakuliah Umum wajib diikuti oleh mahasiswa dari semua Program Studi.

Penelitian dilakukan dalam dua jalur, penelitian dalam bidang pengetahuan profesi, dan bidang pengetahuan umum. Penelitian di bidang pengetahuan profesi diarahkan ke “Kemajuan di Bidang Profesi” (Advances in the Profession), serta “Masalah Terkini di bidang Profesi” (Current Issues in the Profession). Penelitian di bidang pengetahuan umum diarahkan ke pengetahuan kamanusiaan (Humanities), budaya (Cultural Studies), serta Ekologi.