Teknik Telekomunikasi
Home
Pages
Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi


Profil Prodi

Profil Lulusan

Struktur Kurikulum

Dosen

Penelitian Dosen

Tanpa disadari, industri telekomunikasi sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dunia. Komunikasi dan penyebaran informasi tidak dapat dibendung, sehingga perkembangan teknologi sangat cepat di industri ini. Semakin manusia memerlukan informasi yang cepat dan akurat, semakin kuat dorongan untuk melakukan modernisasi.

Program Studi Teknik Telekomunikasi Universitas Universal (UVERS) hadir untuk menjawab tantangan tersebut. Berfokus pada 3 komponen penting dalam penyampaian informasi, yaitu pengirim, medium, dan penerima, Program studi ini siap untuk menghasilkan pakar teknik telekomunikasi yang kompeten. Pada komponen pengirim, para mahasiswa akan mempelajari bagaimana informasi “dikemas” sebelum dikrimkan, parameter-paramter yang terdapat pada medium yang mempengaruhi pengiriman sinyal informasi, hingga sampai bagaimana informasi diterima.

Para mahasiswa juga akan mempelajari fenomena-fenomena yang akan mempengaruhi pengiriman informasi. Setelah memahami fenomena tersebut, para lulusan teknik telekomunikasi diharapkan dapat membuat pemecahan untuk menerobos kendala pengiriman informasi. Tujuannya agar informasi yang disampaikan tetap utuh ketika diterima oleh penerima informasi.

Program Studi Teknik Telekomunikasi Universitas Universal (UVERS) akan berfokus pada 3 konsentrasi, yaitu antena dan Antena dan propagasi, signal processing, dan jaringan informasi. Dengan banyak pulau yang harus dihubungkan, Indonesia memerlukan banyak ahli teknik telekomunikasi agar pemerataan informasi dapat dicapai. Demi menghasilkan lulusan yang kompeten, para mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan tentang berbagai sistem telekomunikasi secara mendetail.

Para lulusan juga berpeluang untuk berkarir di perusahaan operator telekomunikasi dan vendor telekomunikasi. Selain itu juga dapat berkarir sebagai peneliti dan konsultan. Dengan perkembangan industri telekomunikasi yang semakin cepat, para lulusan teknik telekomunikasi akan sangat dibutuhkan kontribusinya.