Teknik Informatika
Home
Pages
Teknik Informatika

Teknik Informatika


Profil Prodi

Profil Lulusan

Struktur Kurikulum

Dosen

Penelitian Dosen

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong manusia untuk menuntut hidup yang lebih praktis. Salah satu faktanya yakni kegiatan manusia yang tidak terlepas dari komputer. Informasi tidak lagi didapatkan dengan membaca buku saja, namun juga melalui artikel-artikel digital di website dan platform-platform lainnya. Salah satu pihak yang berperan di balik berbagai kemudahan tersebut adalah para praktisi bidang teknik informatika.

Program Studi Teknik Informatika Universitas Universal (UVERS) berfokus pada bidang rekayasa teknologi informasi berupa pengembangan program aplikasi yang ramah pengguna. Hal tersebut memungkinkan para mahasiswa membuat program aplikasi dengan pendekatan algoritma yang lebih efisien dengan desain tampilan aplikasi yang sangat menarik dan mudah digunakan, dengan kata lain unsur estetika juga sangat diperhatikan dalam pemrograman aplikasi. Inilah yang menjadi ciri khas program studi teknik informatika Uvers. Untuk menunjang ke-khas-an tersebut maka matakuliah Desain dan Multimedia menjadi matakuliah utama selain algoritma dan pemrograman.

Dalam bidang pemrograman aplikasi, Program Studi Teknik Informatika UVERS mengarahkan kemampuan mahasiswa ke bidang pemrograman web dan mobile (android/iphone) karena kebutuhan industri yang sangat besar terhadap bidang tersebut. Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika UVERS juga dibekali dengan kemampuan keamanan komputer dan jaringan agar dapat pula membuat aplikasi-aplikasi berbasis jaringan (seperti cloud computing, client-server programming) serta mampu melakukan pengujian terhadap keamanan aplikasi yang dibuatnya agar tidak mudah dibobol oleh pihak lain. Dengan spesifikasi ini, para lulusan akan memiliki nilai tawar yang lebih baik di dunia kerja.

Dengan berbagai keahlian tersebut, para lulusan dapat berkarir sebagai Desainer dan Programmer Web, Programmer Mobile, Programmer Aplikasi Multimedia, Animator, Pembuat Film, Desain Grafis (percetakan buku, poster, dll), dan Profesional di bidang keamanan komputer dan forensik serta dibekali kemampuan untuk berwirausaha dibidang teknologi informasi.

Dengan dosen-dosen yang kompeten di bidangnya, Program Studi Teknik Informatika siap menghasilkan para lulusan untuk diserap oleh dunia kerja.

VISI PRODI

Menjadi Program Studi unggulan dalam bidang Pemrograman Konten Aplikasi Multimedia di tahun 2030 guna menghasilkan Sarjana Komputer yang memiliki nilai, budaya dan moralitas baru menuju peradaban baru dunia satu keluarga.

MISI PRODI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berlandasan tata kelola yang baik, transparan dan akuntabel sesuai standar yang ditetapkan oleh pemerintah;
  2. Menyelenggarakan program-program penelitian dalam pengembangan keilmuan teknik informatika yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, dunia bisnis dan dunia industri;
  3. Menyelenggarakan program-program pengabdian masyarakat yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat;
  4. Mengembangkan budaya dan semangat kewirausahaan di bidang teknologi informasi (technopreneurship).