Seni Tari
Home
Pages
Seni Tari

Seni Tari


Profil Prodi

Profil Lulusan

Struktur Kurikulum

Dosen

Penelitian Dosen

Berkarir di bidang seni seringkali dipandang sebagai hal yang kurang menjanjikan. Saat ini justru seni sangat dinikmati oleh masyarakat sebagai karya yang patut untuk dibayar mahal dan diapresiasi. Menyikapi hal itu, perguruan tinggi tidak dapat menutup mata untuk mempersiapkan para maestro seni, termasuk seni tari. Universitas Universal (UVERS) juga turut berpartisipasi dengan meluncurkan Program Studi Seni Tari.

Program Studi Seni Tari Universitas Universal (UVERS) menawarkan paket lengkap mata kuliah yang mencakup tari popular, tari internasional, hingga tarian INLA (International Nature Loving Association) yang menonjolkan harmonisasi dengan alam.

Demi menghasilkan lulusan yang unggul dalam tari popular, tari internasional, dan tarian INLA, Program Studi Seni Tari Universitas Universal (UVERS) membekali para mahasiswa dengan beragam keahlian. Keahlian-keahlian yang melengkapi para lulusan program studi ini antara lain teknik tari dasar, olah tubuh, koreografi, dan keahlian lainnya. Selain tari-tari modern, tarian nusantara juga dipelajari dalam Program Studi Seni Tari, misalnya tari Bali, Jawa, Kalimantan, Indonesia Timur, dan Sumatera atau khususnya Tarian Melayu.

Tidak hanya tari-tarian, para mahasiswa juga akan mempelajari rias dan busana tari. Selanjutnya juga dibekali dengan kemampuan tata artistik panggung, penerapan properti, tata cahaya, tata suara, komposisi musik tari, hingga produksi pagelaran tari. Peluang kerja bagi para lulusan juga terbuka lebar, mereka dapat berkarir sebagai guru di sekolah dan sanggar, pelatih tari, seniman, hingga koreografer yang mampu menghasilkan karya seni yang inovatif.

Program Studi Seni Tari Universitas Universal (UVERS) seringkali terlibat dalam kegiatan bertaraf nasional maupun internasional. Kegiatan tersebut meliputi Festival Igal Antar Bangsa di Malaysia, Festival Ragam Tari Internasional, Dance and Music Festival di Thailand, Duta Kesenian Negara di Kazakstan, dan banyak prestasi-prestasi lainnya.

VISI

Visi program studi seni tari adalah lembaga pendidikan tinggi yang menjadi pusat kajian, penciptaan dan pengelolaan seni pertunjukan yang selaras dan seimbang dengan konteks perubahan sosial dan budaya serta membentuk insan Indonesia cerdas, kreatif, kompetitif, dan berkarakter demi terwujudnya peradaban dunia baru yaitu peradaban dunia satu keluarga.

MISI

Program Studi Seni Tari Universitas Universal Batam sebagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia mempunyai misi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan kekaryaan seni tari, serta pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan bertaraf nasional;
  2. Memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh kemampuan kesenimanan dan pengetahuan seni budaya yang berkualitas dan learning experience terbaik dalam jenjang pendidikan S-1 (Sarjana Seni);
  3. Mendinamisasikan kehidupan seni tari dalam kehidupan bermasyarakat;
  4. Mewujudkan tata kelola seni pertunjukan yang profesional dan akuntabel; dan
  5. membentuk insan akademik yang kreatif, inovatif, dan produktif dalam bidang penyajian, penciptaan, pengkajian, dan pengelolaan seni pertunjukan dalam upaya mewujudkan keindahan kodrati diri manusia menuju peradaban dunia satu keluarga.

TUJUAN

Tujuan Program Studi S1 Seni Tari adalah menghasilkan sarjana seni yang profesional, kreatif-inovatif, dan produktif serta memiliki keunggulan kompetitif dalam bidang penciptaan, penyajian, pengkajian, dan pengelolaan seni pertunjukan berkarakter budaya Indonesia demi tercapainya daya saing maksimal di skala nasional.