Pendidikan Bahasa Mandarin
Home
Pages
Pendidikan Bahasa Mandarin

Pendidikan Bahasa Mandarin


Profil Prodi

Profil Lulusan

Struktur Kurikulum

Dosen

Penelitian Dosen

Bahasa mandarin kini telah menjadi kebutuhan bagi siapapun yang ingin bertahan dan bersaing di era pasar bebas. Tim Clissold menyatakan bahwa kemampuan berbahasa mandarin adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari pelaku pasar Tiongkok. Sehingga tidak berlebihan jika bahasa mandarin disebut sebagai kebutuhan untuk memenangkan persaingan di era pasar bebas. Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin adalah salah satu jawaban yang ditawarkan oleh Universitas Universal (UVERS) untuk menghadapi tantangan tersebut.

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS) juga siap membekali para mahasiswa dengan berbagai keahlian yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Sebagai program studi yang bercita-cita melahirkan lulusan berkelas, program studi Pendidikan Bahasa Mandarin menghadirkan beberapa keunggulan yang menjadi ciri khasnya, yaitu :

  1. Tenaga Pengajar Kualitas Internasional

Semua tenaga pengajar program studi pendidikan bahasa mandarin adalah lulusan Tiongkok, misalnya dari Ji Nan University, South China Normal University, dan beberapa universitas lainnya dengan predikat magister dan doktor.

  1. Kurikulum Berbasis Internasional

Selain tenaga pengajar, kualitas kurikulum juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan dari program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS). Kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum nasional dan kurikulum internasional. Dengan memiliki acuan kurikulum internasional, otomatis lulusan program studi Pendidikan Bahasa Mandarin akan memiliki kemampuan berbahasa mandarin di atas rata-rata lulusan universitas lainnya.

  1. Lokasi Strategis

Kota Batam sebagai daerah yang memiliki letak strategis seringkali dipenuhi oleh para pendatang dari luar negeri, misalnya Singapura, Malaysia, Tiongkok, Taiwan, dan negara lainnya. Dengan keadaan itu, otomatis tercipta lingkungan bahasa mandarin yang baik.

  1. Bahasa Pengantar Mandarin

Bahasa pengantar yang digunakan di dalam proses belajar mengajar ialah bahasa mandarin. Dengan bahasa pengantar tersebut, kualitas berbahasa mahasiswa juga turut meningkat. Pengalaman sebelumnya, mahasiswa yang sebelumnya masuk dengan level bahasa mandarin dasar, kini dapat berbicara aktif, membaca aktif, bahkan mengarang hingga seribu huruf dalam waktu kurang dari dua semester. Hal tersebut terjadi karena kurikulum yang baik sekaligus dibawakan oleh tenaga pengajar yang profesional. Pencapaian HSK mahasiswa juga telah mencapai level 4 dan 6. Bahkan para lulusan ditargetkan lulus dengan kualitas HSK level 6 atau level tertinggi.

  1. Unit-Unit Pembelajaran

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS) tidak hanya menyediakan pembelajaran di dalam kelas, unit-unit pembelajaran di luar kelas juga disediakan untuk memperkaya pengalaman belajar para mahasiswa. Salah satu unit yang dibentuk adalah Unit Budaya Tionghoa. Unit ini berfungsi untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat dan keinginan untuk berkembang di bidang lain dalam kajian bahasa mandarin. Dalam Unit Budaya Tionghoa, para mahasiswa dapat mempelajari alat musik kuno tiongkok seperti kecapi, seruling, hu lu shi, dan lain-lain. Mahasiswa juga dapat mempelajari komedi mandarin, tanpa kemampuan bahasa mandarin yang tinggi para mahasiswa tidak akan dapat membawakan komedi dengan baik dalam bahasa mandarin. Kemudian juga terdapat pembelajaran pidato dan puisi.

Selanjutnya juga akan dibentuk unit pembelajaran kaligrafi mandarin, seni menggunting kertas, dan seni tari tradisional Tiongkok. Lebih dari itu, program studi pendidikan Bahasa Mandarin juga menyediakan unit kegiatan olahraga. Para mahasiswa dapat mengikuti olahraga bulutangkis, basket, tenis meja, dan olahraga lainnya. Bagi mahasiswa yang tertarik untuk berorganisasi, juga disediakan Himpunan Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Lebih lanjut, juga akan disediakan pembelajaran komputerisasi berbasis bahasa mandarin.

  1. Pembelajaran Berkarakter

Selain memperkaya kemampuan mahasiswa secara akademik, program studi Pendidikan Bahasa Mandarin juga memberikan wawasan tentang Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan Nilai-Nilai Peradaban Dunia Satu Keluarga. Dengan penanaman karakter tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, negara, bahkan dunia.

  1. Fasilitas Pendukung

Demi menunjang pembelajaran yang telah berjalan dengan baik, Universitas Universal (UVERS) juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung, diantaranya laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan laboratorium budaya.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, kelak lulusan program studi Pendidikan Bahasa Mandarin memiliki peluang untuk berkarir sebagai Pengajar Bahasa Mandarin yang profesional, berbudaya, beretika, menyenangkan, dan memiliki kemampuan untuk memberikan pendidikan yang maksimal dalam hal Bahasa Mandarin. Selain itu, lulusan program studi Pendidikan Bahasa Mandarin juga berpeluang untuk menjadi Penerjemah Bahasa Mandarin Lisan dan Tulisan, Presenter Bahasa Mandarin, MC Bahasa Mandarin, Tour Guide Bahasa Mandarin, Sekretaris Bahasa Mandarin, hingga Manajemen Pendidikan Bahasa Mandarin.

Selain peluang karir yang disebutkan di atas, para mahasiswa juga dapat mengembangkan keahlian yang didapatkan dari unit pembelajaran yang tersedia. Misalnya berkarir di bidang jasa, seni kaligrafi, seni musik tradisional, bisnis kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Peluang sukses para lulusan sangat besar, terlebih saat ini hubungan antara Tiongkok dan Indonesia sangat baik, sehingga banyak turis Tiongkok yang berdatangan ke Indonesia. Para turis dan pelaku bisnis dari Tiongkok sangat membutuhkan orang yang ahli berbahasa mandarin.

Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin juga telah bekerjasama dengan berbagai universitas terkemuka di Tiongkok, yaitu Ji Nan University, South China Normal University, dan Min Nan Normal University. Kerjasama Internasional tersebut akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti summer camp dan winter camp, serta berbagai program internasional lainnya di Tiongkok. Terbukti, tahun ini program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS) telah mengirimkan beberapa mahasiswa untuk belajar di negeri tirai bambu dengan beasiswa penuh.

Dalam usia yang belum mencapai satu tahun, para mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Mandarin telah meraih berbagai prestasi, yaitu :

  1. Juara 1 Micro Teaching Bahasa Mandarin di Universitas Al Azhar
  2. Juara 1, Juara 2, dan Juara Penampilan Terbaik Kompetisi Chinese Bridge Tingkat 6 Provinsi, ketiganya akan mewakili 6 Provinsi tersebut ke Kompetisi Tingkat Nasional
  3. Juara Harapan 1 Lomba Menyanyi Piala Xue Li Fang Bei tingkat 6 Provinsi