Akuntansi
Home
Pages
Akuntansi

Akuntansi


Profil Prodi

Profil Lulusan

Struktur Kurikulum

Dosen

Penelitian Dosen

Akuntansi kini telah menjelma sebagai salah satu bidang ilmu yang sangat diperlukan, sama seperti bidang-bidang ilmu lainnya. Tidak jarang, perusahaan membuat keputusan penting berdasarkan laporan-laporan keuangan yang dibuat oleh para akuntan. Akuntansi pun dipelajari dari 2 sisi, yaitu positive accounting yang berbicara di sisi pengetahuan dan normative accounting yang berbicara dari sisi praktis.

Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) mengembangkan 5 konsentrasi spesifik yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, yaitu Financial Accounting, Management Accounting, Auditing, Accounting Information System, dan Public Sector Accounting. Tidak banyak program studi akuntansi yang mengembangkan konsentrasi ilmunya dengan sangat spesifik. Mahasiswa pada akhirnya akan diarahkan pada 5 konsentrasi tersebut, tentunya semua itu dibangun dengan dasar akuntansi secara umum.

Financial Accounting berfokus pada analisa keuangan di pasar saham. Berbeda dengan Management Accounting yang digunakan pada dunia pabrik. Sedangkan Auditing akan menghasilkan internal dan eksternal auditor. Kemudian, karena perkembangan zaman, akuntansi juga turut menyesuaikan kebutuhan, oleh karena itu muncullah spesifikasi Accounting Information System. Kebutuhan tersebut mendorong terciptanya akuntansi berbasis komputer yang membuat pekerjaan menjadi semakin mudah. Lebih jauh, Public Sector Accounting akan menghasilkan para akuntan yang ditujukan untuk mengawasi keuangan negara.

Demi menunjang 5 konsentrasi tersebut, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) membekali mahasiswa dengan hardskill dan softskill. Hardskill minimal yang diberikan meliputi komputerisasi akuntansi hingga Brevet Pajak A dan B. Sedangkan Softskill meliputi integritas, independensi, dan kejujuran. Lebih jauh, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) akan melengkapi bidang keilmuan akuntansi dengan akuntansi berbahasa mandarin. Hal tersebut untuk menyikapi kondisi perekonomian dunia yang semakin terpengaruh oleh negara Tiongkok.

Dengan berbagai konsentrasi dan keahlian tersebut, para lulusan Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) akan mendorong para mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi CA (Cartered Accountant), CMA (Certified Management Accountant), dan CPA (Certified Public Accountant). Ketiga sertifikasi yang akan mendorong para lulusan untuk menjadi akuntan-akuntan profesional tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Selain dapat berkarir di 3 bidang tersebut, para lulusan juga berpeluang meniti karir sebagai konsultan pajak, auditor, dan akuntan pemerintah.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) akan terus mengejar prestasi, termasuk prestasi karya ilmiah dan dosen pada tingkat nasional maupun internasional. Demi mencapai cita-cita tersebut, Program Studi Akuntansi melalui Universitas Universal (UVERS) juga tidak ragu untuk memberikan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi.