WAKIL KETUA MPR SOSIALISASIKAN EMPAT PILAR MPR RI DI UVERS

Selasa, 2020-02-25 - 09:58:15 WIB

Batam, 25 Februari 2020 – Senin lalu (24/02) Universitas Universal (UVERS) melangsungkan Seminar Kebangsaan dalam rangka mensosialisasikan pilar-pilar MPR RI. Sosialisisasi diberikan langsung oleh Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad. Seminar dengan judul “Empat Pilar MPR RI” juga diisi oleh beberapa narasumber lainnya yaitu Haripinto Tanuwidjaja selaku Anggota MPR/DPD RI dan Asmin Patros, S.H., M.Hum. selaku Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau. Seminar berlangsung di Ruang Auditorium Harmoni Gedung C UVERS yang dihadiri oleh ±240 peserta yang merupakan guru, dosen dan mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Batam.

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Universal (UVERS) Dr. Kisdarjono yang memberikan sambutan hangat kepada para narasumber dan juga memperkenalkan UVERS sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang sedang berkembang dengan cukup pesat di Kota Batam. Sambutan hangat tersebut diterima dengan suka cita oleh Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad melalui sesi presentasi yang beliau laksanakan. Beliau mengatakan bahwa merasa bahagia bisa kembali lagi ke Batam dan berada di UVERS untuk menyapa masyarakat yang merupakan peserta seminar.

Presentasi kemudian diisi oleh materi sosialisasi “Empat Pilar MPR RI” yang mana pilar diartikan sebagai dasar, tiang penguat atau tiang penyangga. Empat pilar yang dimaksud adalah yang pertama Pancasila sebagai dasar Ideologi Negara, kedua Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Lalu ketiga yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara dan keempat Bhineka Tunggal Ika sebagai seboyan Negara. Selain itu narasumber juga menambahkan bahwa dalam empat pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesungguhnya masih banyak pilar-pilar kehidupan lainnya seperti bendera, bahasa, lambang negara dan lainnya. Namun disebutkan juga bahwa Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara menjadi pilar kehidupan utama yang mewarnai dan menjiwai pilar-pilar kehidupan yang lainnya. (Sh)