UVERS PERKENALKAN CODING KEPADA PARA IBU DEMI HADAPI TANTANGAN ERA DIGITAL
Home
berita
UVERS PERKENALKAN CODING KEPADA PARA IBU DEMI HADAPI TANTANGAN ERA DIGITAL

UVERS PERKENALKAN CODING KEPADA PARA IBU DEMI HADAPI TANTANGAN ERA DIGITAL


Senin, 2018-04-30 - 11:13:00 WIB

Era digital menuntut setiap manusia untuk mampu beradaptasi dengan cepatnya perkembangan dunia, semua kalangan dari tua hingga muda tidak terlepas dari kebutuhannya untuk memanfaatkan teknologi demi hidup yang lebih praktis, tidak terkecuali kaum ibu rumah tangga. Menyadari tuntutan zaman tersebut, Universitas Universal (UVERS) melalui Program Studi Teknik Informatika bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) menyelenggarakan pelatihan digital bertajuk Coding Mum.

Program pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pelatihan pemrograman kepada para ibu rumah tangga yang berdomisili di Kota Batam. Keahlian pemrograman bagi para ibu rumah tangga dirasa cukup relevan dengan perkembangan era digital. Dengan berbagai kesibukannya di rumah, mereka dapat lebih berdaya dengan bekerja paruh waktu untuk industri aplikasi digital yang sedang naik daun saat ini.

UVERS dan BeKraf memandang pelatihan ini sangat penting sebab mayoritas ibu rumah tangga zaman sekarang lahir dan bertumbuh bersama dengan perkembangan teknologi sehingga akan tanggap teknologi diikuti dengan pendidikan yang mumpuni. Selain itu, anak dari ibu-ibu rumah tangga tersebut dinilai telah menginjak usia dewasa, sehingga para ibu dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk keperluan lainnya, termasuk meraih peluang di era digital. Peran mereka sebagai ibu dan orang tua juga sangat penting untuk memahami teknologi, sebab mereka akan menjadi pendamping bagi putra-putrinya dalam menghadapi perkembangan era digital.

“Para Ibu akan mempelajari pemrograman web sehingga dapat membuat website sendiri baik untuk kepentingan pribadi maupun komersil.” Ujar Ahmad Fitriansyah, S.Kom., M.Kom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Universal (UVERS).

Coding Mum akan diadakan sebanyak 8 (delapan) pertemuan yang berlangsung dari 26 April 2018 hingga 11 Mei 2018. Bertempat di Ruang 415 Universitas Universal (UVERS), Coding Mum akan diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang di Kota Batam. Tujuan UVERS memfasilitasi pelatihan tersebut juga didorong oleh tujuan agar para ibu rumah tangga dapat semakin berdaya dan mandiri secara ekonomi. Di sisi lain, UVERS juga memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan industri digital terhadap programmer paruh waktu. (AS)