UVERS LAKSANAKAN PEMBEKALAN INSTRUMEN AKREDITASI TERBARU

Jumat, 2019-04-12 - 03:41:00 WIB

Batam, 30 Maret 2019 - Akreditasi merupakan proses penilaian kelayakan mutu dari sebuah Program Studi dan juga Perguruan Tinggi. Universitas Universal (UVERS) merupakan salah satu perguruan tinggi yang gencar melakukan proses akreditasi untuk program-program studinya dalam rangka meningkatkan kualitas. Beberapa program studi telah melewati proses akreditasi dan mendapatkan hasil dengan predikat baik.

 

Di sisi lain, pengembangan kualitas juga terus dilakukan oleh pemerintah sehingga memunculkan instrumen baru yang diterapkan dalam proses akreditas perguruan tinggi. Menyadari kebutuhan tersebut, UVERS mengadakan sosialisasi pengenalan instrumen akreditasi terbaru kepada para ketua program studi dan para dosen. Sosialisasi yang bertempat di Ruang Auditorium 101 Gedung B Universitas Universal, menghadirkan Elisa Christiana, BA., MA., M.Pd selaku narasumber.

 

Elisa menyampaikan bahwa pembaharuan instrumen akreditasi diperlukan karena sudah out of date atau tidak sesuai dengan regulasi terkini. Selain itu juga terjadi peralihan paradigma dan kelemahan penilaian pada instrumen sebelumnya. Instrumen sebelumnya dirasa belum seimbang antara luaran capaian dan input proses. Sedangkan luaran dan capaian yang sesuai merupakan bukti ketika Tridharma Perguruan Tinggi telah tercapai.

 

Dengan adanya instrumen akreditasi terbaru, hal-hal yang dinilai antara lain mutu kepemimpinan dan tata kelola. Penilaian selanjutnya dititikberatkan pada mutu produktivitas yang terdiri dari output, outcomes, dan impact. Ketiga hal tersebut akan menghasilkan sesuatu berupa kualitas luaran, inovasi, dan kemanfaatan bagi masyarakat. Hal yang selanjutnya dinilai yaitu mutu proses yang mencakup proses Tridharma Perguruan Tinggi. Point terakhir yang menjadi penilaian yaitu kinerja mutu input yang meliputi Sumber Daya Manusia (SDM), mahasiswa, kurikulum, sarana prasarana, dan keuangan. (Sh)