UVERS LAHIRKAN SARJANA SENI PERTAMA DI KOTA BATAM

Jumat, 2019-06-28 - 03:29:31 WIB

25 Juni 2019 – Universitas Universal (UVERS) sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki program studi seni di Provinsi Kepulauan Riau melahirkan sarjana seni untuk pertama kalinya di Kota Batam. Sarjana seni perdana berasal dari Program Studi Seni Tari. Tugas akhir para mahasiswa dikemas dalam bentuk pertunjukan seni yang berlangsung pada Jumat (21/06) di Auditorium Harmonis Universitas Universal. Pertunjukan bertajuk “Bentang Rasa: Perempuan dalam Cerita”, terdiri dari 3 karya tari yang diciptakan oleh 3 mahasiswa yang menempuh tugas akhir. Hal menarik dari tema tersebut adalah 3 mahasiswa tersebut semuanya adalah perempuan maka dari itu tema “Perempuan dalam Cerita” dipilih sebagai tema yang memiliki filosofi dibaliknya.

Karya pertama berasal dari Ayu Nirawati dengan judul “Pitunang Gasiang”, selanjutnya karya berjudul “Sumpah Sri Lakang” dari Suryana dan karya berjudul “Bilah Sino-na” diciptakan oleh Suryani. Selain menciptakan dan menata koreografi, mereka juga ikut serta dalam penampilan yang pesertanya merupakan mahasiswa Program Studi Seni Tari dan beberapa sanggar tari yang ada di Kota Batam. Pertunjukan Tari tersebut terbilang sukses karena seluruh seat pada auditorium habis terjual untuk para penikmat seni yang ada di Kota Batam. Selain karena karya yang ditampilkan merupakan karya yang berkualitas, kesuksesan acara tersebut juga didukung oleh tim produksi yang berasal dari para mahasiswa program studi Seni Tari yang sedang menjalani mata kuliah Produksi.

Selain menciptakan karya seni tari, mahasiswa semester akhir tersebut juga melangsungkan ujian untuk karya tulis ilmiah pada Sabtu (22/06). 3 mahasiswa yang telah melewati ujian dari karya tari yang ditampilkan pada akhirnya juga mampu melewati ujian karya tulis ilmiah tersebut. Maka hadirlah sarjana seni perdana di Kota Batam dengan gelar akademik S.Sn. Salah satu hal menarik dari ujian karya tulis ilmiah tersebut adalah hadirnya salah satu dosen dan seniman Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Dr. Darmawan Dadijono, M.Sn sebagai dosen penguji tamu. Dr. Darmawan juga menyempatkan diri untuk menjadi pemateri pada kegiatan Master Class Program Studi Seni Tari untuk memperkaya wawasan seni para mahasiswa. (Sh)