UVERS GANDENG SMKN 5 BATAM TINGKATKAN KOMPETENSI IOT SISWA

Selasa, 2019-08-27 - 09:34:03 WIB

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi semakin tidak dapat dibendung. Setiap lulusan dari pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi dituntut “melek teknologi” untuk berkarya di berbagai industri masa kini. Menyadari kebutuhan tersebut, Universitas Universal (UVERS) menggandeng SMK Negeri 5 Batam untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa di bidang teknologi komputer.

 

Komitmen bersama antara UVERS dan SMK Negeri 5 Batam tersebut kemudian dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua pihak. Seremoni penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan pada Senin sore (26/8) tersebut dihadiri oleh kedua pihak, termasuk Dr. Kisdarjono selaku Rektor UVERS dan Agus Sahrir, M.Pd. Ruang lingkup kerjasama yang disepakati, antara lain kegiatan ilmiah bersama, seminar dan lokakarya, penyelarasan kurikulum, penyediaan guru program studi, praktek kerja industri, promosi perguruan tinggi, hingga layanan karir.

 

Langkah awal realisasi kerjasama antara UVERS dan SMK Negeri 5 telah dilaksanakan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh Program Studi Teknik Perangkat Lunak UVERS. Dalam kesempatan ini, para dosen Program Studi Teknik Perangkat Lunak memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait Perkembangan Internet of Things atau (IoT). Materi tentang IoT dipilih karena IoT telah menjadi isu hangat yang dibicarakan dan diterapkan dalam dunia industri masa kini.

 

Para siswa SMK Negeri 5 Batam diberikan pelatihan IoT hingga praktek coding agar semakin siap menghadapi dunia kerja dan industri 4.0. Siswa-siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berasal dari jurusan Multimedia, jurusan Teknik Komputer Jaringan, hingga jurusan Elektronika Industri. Antusiasme yang tinggi terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan di SMK N 5 Batam tersebut, tidak hanya siswa, para guru juga ingin mendapatkan pelatihan berbasis teknologi dari UVERS pada kesempatan selanjutnya. (AS)