UVERS DAN STIKES AWAL BROS BERSAMA MELAKUKAN KOLABORASI LINTAS BIDANG UNTUK MENINGKATKAN PENGABDIAN PADA BIDANG KESEHATAN

Senin, 2019-09-09 - 10:24:07 WIB

Batam, 3 September 2019 – Universitas Universal (UVERS) melalui Program Studi (Prodi) Teknik Industri melihat bahwa saat ini penelitian dan pengabdian masyarakat memerlukan kolaborasi berbagai institusi dan lintas bidang pada setiap Perguruan Tinggi. Selain dapat mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat, adanya kolaborasi tersebut dapat memberikan kesempatan lebih besar dalam memenangkan hibah dari Kemenristek Dikti. Saat ini juga ada satu hal yang dirasa kurang pada pengabdian masyarakat yaitu kolaborasi pengabdian dari bidang medis (kesehatan). Hal tersebut menjadi salah satu alasan UVERS menggandeng STIKES Awal Bros untuk bekerjasama.

Kerjasama tersebut diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antar kedua belah pihak. Seremoni penandatanganan dilaksanakan pada Kamis (29/08) bertempat di Ruang 101 Universitas Universal. Pihak STIKES Awal Bros diwakili oleh Prof. dr. Fadil Oenzil, PhD, Sp.GK selaku Ketua, sedangkan Universitas Universal (UVERS) diwakili oleh Dr. Kisdarjono selaku Rektor.

Kerjasama antar Perguruan Tinggi tentunya tak lepas dari Tridharma Perguruan Tinggi yang tentunya melibatkan dosen dan juga mahasiswa nantinya. Dimulai dari bidang pendidikan, UVERS dan STIKES Awal Bros berencana untuk mengadakan event dan workshop dengan tema saling terkait. Prodi Teknik Industri memiliki materi pembelajaran ergonomi dan keselamatan kerja, hal ini selaras dengan fokus dari STIKES dibidang kesehatan dan keselamatan pasien.

Selanjutnya pada bidang penelitian, UVERS dan STIKES Awal Bros dapat saling mendukung dalam proses penelitian yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Sebagai contoh salah satu penelitian dosen memiliki topik Biomedical Engineering (Teknik Biomedis), melalui topik tersebut UVERS dan STIKES dapat bekerjasama untuk membentuk group riset guna mengembangkan alat-alat medis bersama-sama.

Sedangkan pada bidang pengabdian masyarakat, UVERS dan STIKES Awal Bros berencana untuk bersama-sama menentukan desa binaan agar dapat mengembangkan desa-desa pesisir di sekitar Batam. Sehingga program penyuluhan di desa menjadi lebih complete yang dapat diberikan oleh Perguruan Tinggi yang berkolaborasi.

Melalui kerjasama yang akan dilakukan, maka diharapkan kedepannya akan banyak kegiatan yang dapat dikolaborasikan dan mengahasilkan hal-hal positif dari setiap kegiatan yang dihasilkan. Selain itu tujuan dari kerjasama dapat tercapai yang tentunya berdasarkan pada Tridharma Perguruan Tinggi. (Sh)