UVERS DAN SRI WARISAN BERIKAN WAWASAN TARI INTERNASIONAL KEPADA MAHASISWA
Home
berita
UVERS DAN SRI WARISAN BERIKAN WAWASAN TARI INTERNASIONAL KEPADA MAHASISWA

UVERS DAN SRI WARISAN BERIKAN WAWASAN TARI INTERNASIONAL KEPADA MAHASISWA


Jumat, 2018-02-09 - 12:03:37 WIB

Seni adalah warisan dunia yang mengiringi langkah peradaban manusia, salah satu seni yang menarik untuk dikaji adalah seni tari. Berbagai negara di dunia memiliki tarian khas dengan karakternya masing-masing. Dengan melihat keberagaman seni tari yang kaya di Indonesia, Program Studi Seni Tari Universitas Universal (UVERS) dan Sri Warisan Som Said Performing Art Singapore menyelenggarakan workshop Tari Asia bertajuk Ragam Tari Asia sebagai Warisan Budaya Dunia.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperlihatkan keberagaman tari antar bangsa yang dapat memperkaya keindahan seni tari yang telah ada selama ini. Kekayaan dan keberagaman seni tari ini patut untuk dijaga dan dilestarikan dari generasi ke generasi sebagai warisan budaya masyarakat dunia yang tak ternilai. Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Universitas Universal (UVERS) tersebut akan mengajak para mahasiswa untuk mempelajari Thai Dance, Philippine Dance, Singapore Dance, dan Brunei Dance.

Setelah melewati enam pertemuan yang dimulai pada Desember tahun lalu, Minggu (28/1) merupakan puncak sekaligus penutup dari workshop Ragam Tari Asia sebagai Warisan Budaya Dunia di Universitas Universal (UVERS). Bertempat di Hall Universitas Universal (UVERS), para peserta workshop yang terdiri dari mahasiswa, sanggar, dan sekolah menunjukkan hasil belajar mereka selama berbulan-bulan. Berbagai tarian Asia ditampilkan oleh para peserta dan mengundang antusiasme penonton.

Melki Jemri Edison Neolaka, S.Sn., M.Sn selaku Ketua Program Studi Seni Tari Universitas Universal (UVERS) menyebutkan bahwa kegiatan workshop tersebut sejalan dengan visi dan misi program studi untuk melahirkan pencipta, peneliti, dan penari. Oleh karena itu, wawasan tentang tubuh tari dengan berbagai genre tarian termasuk tari Asia sangat penting untuk dipahami oleh para mahasiswa. Melki juga berharap kerjasama dengan Sri Warisan Som Said Performing Art Singapore dapat terus berlanjut mengingat pentingnya sharing ilmu untuk memperkaya wawasan tari antar kedua pihak. (AS)