UVERS DAN SCNU ADAKAN DIALOG TENTANG PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

Jumat, 2018-12-14 - 12:40:15 WIB

Penelitian ialah salah satu bagian terpenting dalam dunia pendidikan tinggi, penelitian akan menjadi sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. South China Normal University atau SCNU sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Tiongkok tidak ketinggalan untuk melakukan penelitian, khususnya penelitian khusus tentang Asia Tenggara. Dalam rangka melakukan penelitian tersebut, South China Normal University (SCNU) mengirimkan dua delegasinya yaitu, Zhu Yue dan Duan Xun untuk berkunjung ke Universitas Universal (UVERS) dan Sekolah Maitreyawira.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan pada Minggu (9/12) tersebut Zhu Yue dan Duan Xun disambut oleh Pdt Liyas Masri selaku Ketua Yayasan Pancaran Maitri, Dr. Kisdarjono selaku Rektor UVERS, Emi Lestari, S.E., M.M selaku Wakil Rektor, Dr. Didi Sundiman selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UVERS, Dr. Herman, MTCSOL selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Bertempat di Auditorium Harmonis UVERS, kedua delegasi dari South China Normal University (SCNU) tersebut disuguhi pertunjukkan seni senam kasih alam.

Dalam sambutannya, Zhu Yue selaku perwakilan dari delegasi South China Normal University (SCNU) menyebutkan bahwa mereka sangat berterima kasih kepada UVERS karena telah turut bekerjasama dan mendukung penelitian yang sedang dilakukan. Ia pun berharap kerjasama antara South China Normal University (SCNU) dan UVERS dapat semakin maju, terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian. Menanggapi hal tersebut, Dr. Kisdarjono selaku Rektor UVERS menyambut baik tentang kerjasama yang dilakukan antar kedua perguruan tinggi, Dr. Kisdarjono berharap dengan dialog yang dilakukan dapat melengkapi data yang ingin didapatkan oleh delegasi South China Normal University (SCNU).

Setelah pertunjukkan seni selesai dilaksanakan, para perwakilan delegasi South China Normal University (SCNU) dan pimpinan UVERS melaksanakan dialog di ruang 109 Gedung C UVERS. Dalam dialog tersebut, Zhu Yue mengungkapkan bahwa penelitian South China Normal University (SCNU) di Asia Tenggara telah dilakukan di Malaysia dan Thailand, Indonesia merupakan salah satu tujuan mereka dalam agenda tersebut. Penelitian tersebut dilakukan untuk mempelajari Asia Tenggara dari berbagai sisi. Selain itu, Zhu Yue berharap banyak mahasiswa Asia Tenggara yang datang ke South China Normal University (SCNU) untuk belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Selain melakukan dialog dengan unsur pimpinan UVERS, para delegasi South China Normal University (SCNU) juga melakukan dialog dan diskusi bersama para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin serta para guru mandarin Sekolah Maitreyawira. (AS)