UVERS DAN ITENAS KEMBALI MEMBANGUN KERJASAMA DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN IMPLEMENTASI KAMPUS MEREDEKA

Jumat, 2021-04-16 - 05:48:36 WIB

Batam, 16 April 2021 – Kerjasama antar perguruan tinggi merupakan hal penting yang harus dilakukan. Karena melalui kerjasama antar lembaga, maka dapat saling bersinergi untuk mengembangkan mutu pendidikan tinggi dalam melaksanakan tridharma. Kerjasama tersebut dapat diturunkan kedalam sejumlah program yang bertujuan meningkatkan kualitas dari masing-masing perguruan tinggi. Universitas Universal (UVERS) sebagai perguruan tinggi juga terus meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi. Kali ini UVERS kembali membangun kerjasama dengan Institut Teknologi Nasional (Itenas).

Kerjasama yang dituangkan kedalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilaksanakan pada Jumat (09/04) bertempat di Itenas. Seremoni penandatanganan dihadiri langsung oleh Rektor UVERS Dr. Kisdarjono dan juga Rektor Itenas Prof. Meilinda Nurbanasari, S.T., M.T., Ph.D. beserta jajarannya. Melalui seremoni tersebut, antara kedua belah pihak universitas juga saling berdiskusi tentang konsep kerjasama yang akan dilaksanakan dan salah satu program yang akan disusun yaitu implementasi dari kampus merdeka.

Dr. techn. Aswandy, S.T selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kehamasiswaan UVERS, menjelaskan bahwa secara umum kerjasama yang dijalin yaitu dalam bidang pendidikan. Karena saat ini pemerintah sedang menggalakkan program kampus merdeka maka salah satu implementasi dari kerjasama yaitu program pertukaran mahasiswa. Mahasiswa UVERS dapat mengikuti beberapa mata kuliah dari Itenas secara daring yang akan mulai dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2021. Jurusan yang dapat dipilih pada Itenas kemungkinan akan lebih ke arah sistem informasi. Sedangkan pada UVERS jurusan yang akan terlibat dan melayani yaitu jurusan yang ada pada Fakultas Komputer.

Selain implementasi dalam program kampus merdeka, kerjasama juga akan berjalan dalam konteks tridharma perguruan tinggi yang terdiri dari penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan karir dan kemahasiswaan, dan juga publikasi. Selain itu tentunya akan ada program-program dalam rangka pengembangan sumber daya manusia yaitu  seperti pelatihan dosen, workshop dan juga pertukaran dosen. (Sh)