“STAY” CONCERT BAWAKAN KARYA MUSIK MASTERPIECE UNTUK PERTAMA KALINYA DI KOTA BATAM

Sabtu, 2019-05-11 - 01:14:03 WIB

Universitas Universal (UVERS) sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki jurusan seni di Kepulauan Riau telah mengemas tugas akhir mahasiswa dalam bentuk pameran atau penampilan. Salah satu tugas akhir semester dalam bentuk konser musik baru saja dilaksanakan oleh mahasiswa semester 2 Program Studi Seni Musik pada Rabu (08/05) bertempat di Ruang Auditorium Harmonis UVERS. Setiap konser akhir semester yang dilaksanakan mahasiswa selalu memiliki tema dengan filosofi yang menarik, tidak terkecuali dengan konser musik yang baru saja berlangsung. Konser musik bertajuk “STAY” memiliki filosofi yang cukup mendalam serta karya-karya yang dilatunkan dapat membangun emosional penikmatnya.

Kata “STAY” dipilih untuk menggambarkan proses penantian. Desain yang dipilih pada poster sebagai bentuk promosi untuk konser kali ini, terlihat visual seorang anak yang sedang duduk memandang bulan sabit di langit. Hal ini diartikan sebagai bentuk penantian sang anak yang tetap bertahan untuk melihat proses bulan sabit untuk menjadi utuh sebagai bulan purnama yang indah. Mahasiswa berharap bahwa saat ini mereka sedang bertahan untuk menghadapi proses pembelajaran sampai pada akhirnya bisa menjadi seseorang sarjana seni yang memiliki kualitas bermusik yang bagus.

Karya-karya yang ditampilkan juga selaras dengan tema yang dipilih, yang mana mahasiswa berusaha menunjukkan setiap emosi yang seseorang rasakan ketika bertahan pada suatu hal. Ada perasaan sedih, bahagia, dan mungkin saja amarah. Beberapa karya yang mereka bawakan yaitu El Testament d’Amelia oleh Miguel Llobet Soles yang dibawakan oleh Beethoven Kharisma melalui alunan gitar, selanjutnya karya Friedrich Kreisler dengan judul Praeludium and Allegro in the Style of Gaetano Pugnani dibawakan oleh Gabriel Alan Wijaya melalui alunan biola yang diiringi permainan piano. Kemudian, konser “STAY” ditutup dengan satu karya yang cukup istimewa, karena ini merupakan pertama kalinya karya tersebut ditampilkan di Batam yaitu Eine Kleine Nachtmusik oleh Wolfgang Amadeus Mozart. Karya masterpiece tersebut dibawakan oleh para dosen dan mahasiswa Seni Musik menjadi satu kolaborasi yang apik dan sangat menarik. (Sh)