PAGELARAN SENI TARI 2019 OLEH FAKULTAS SENI UVERS MENYUGUHKAN BERBAGAI MACAM JENIS TARIAN

Sabtu, 2019-12-21 - 07:35:27 WIB

Batam, 19 Desember 2019 – Fakultas Seni Universitas Universal (UVERS) seperti tidak ada habisnya untuk memanjakan para penikmatnya. Pertunjukan kembali digelar pada Sabtu (14/12) di Ruang Auditorium 400. Fakultas Seni menggelar Pagelaran Seni Tari 2019 dengan tema “Naradipta”. Merry selaku penanggung jawab acara menjelaskan tentang konsep acara bahwa Naradipta diartikan sebagai manusia yang berkilauan. “Manusia yang berkilauan itu sesuai dengan seniman yang berada diatas panggung, seniman diatas panggungkan harus terlihat berkilau dan bersinar. Ditambah lagi ada dukungan lampu-lampu”, ujar Merry.

Penonton disuguhkan dengan beraneka ragam tarian mulai dari tarian tradisi sampai dengan urban dance. Beragam tarian tersebut merupakan hasil koreografi dari mahasiswa semester 1 sampai dengan semester 5. Total ada 15 tarian yang ditampilkan oleh mahasiswa Program Studi Seni Tari. Pagelaran dibuka dan ditutup oleh tarian tradisi yang kemudian disela-selanya diisi solo performance oleh mahasiswa semester 1 tentang koreografi dasar. Serta fashion show untuk memamerkan ujian dari mata kuliah tata rias dan busana.

Salah satu tarian tradisi yang ditampilkan dari mahasiswa semester 3 berjudul “Angglang Ayu” yang mengisahkan keayuan seorang dewi cantik nan anggun, Dewi Uma. Lalu solo performance mahasiswa menampilkan beberapa tarian dari hasil koreografi mereka. Salah satu diantaranya ada karya berjudul “Pola Bergerak” karya Poladarti. Karya Pola Bergerak diartikan sebagai bentuk gerakan yang memiliki nilai estetis. Satu kutipan dari karya tersebut adalah “tubuhku bergerak, mencari, menyusun unsur hingga menjadi kesatuan utuh”.

Selain itu juga ada urban dance yang ditampilkan secara kelompok dengan judul “Never Enough”. Urban dance adalah pengembangan dari tarian industri, urban dance muncul karena adanya kebutuhan para komposer musik yang merasa perlu ada sentuhan tarian untuk membuat lagu tidak kosong. Salah satu contohnya adalah kebutuhan untuk music video. Urban Dance merupakan pengembangan dari modern dance yang mulai booming di tahuan 2000-an. (Sh)