MAHASISWA UVERS TERPILIH MENJADI PESERTA DALAM PROGRAM BANGKIT 2021

Sabtu, 2021-04-24 - 03:49:47 WIB

Batam, 24 April 2021 – Kemendikbud kembali memberikan model pembelajaran baru dalam usaha menyukseskan Program Kampus Merdeka. Berkolaborasi dengan Google, Tokopedia, Gojek,Traveloka dan beberapa Perguruan tinggi mitra, Kemendikbud bersama para partner membuat Program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) 2021. Program Bangkit bertujuan agar para peserta siap untuk berkarir dibidang teknologi. Selain itu program ini juga bekerjasama dengan Stanford University melalui program “University Innovation Fellow”. Peserta-peserta terbaik akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program internship dari dari Stanford University. Program Bangkit yang telah dibuka sejak Senin (15/02) sudah menerima 3000 mahasiswa terpilih.

Adapun 2 diantar 3000 mahasiswa terpilih tersebut merupakan mahasiswa Universitas Universal (UVERS) dari Fakultas Bisnis Program Studi Manajemen yaitu Monica Novalensiago dan Fatma Satyani. Monica dan Fatma merasa mendapat skill baru dalam bidang teknologi. Monica menjelaskan bahwa tidak hanya skill teknologi yang diajarkan, namun juga softskills seperti bagaimana kita merencanakan life path, digital branding, time management, professional communications, adaptability, persuasive leaders, critical thinking, idea generation dan perencanaan MVP serta masih banyak lagi. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online dan menggunakan berbagai macam platform seperti  Gsuite yang terdiri Gmail, Google Classrom, Google Calendar, dan sebagainya. Untuk komunikasi sendiri, ada grup discussion di Discord.

Program Bangkit memberikan 3 paths learning yang dapat peserta pilih sesuai minat dan kebutuhan yang diinginkan. Paths learing terdiri dari Machine Learning, Mobile Development dan Cloud Computing. Masing-masing paths memiliki platform berbeda dalam proses belajarnya. Monica memilih paths learning Cloud Computing (Google Cloud) sedangkan Fatma memilih Mobile Development (Android). Monica juga menjelaskan bahwa Program Bangkit memberikan banyak manfaat dan menjadi wadah yang dibutuhkan oleh para mahasiswa peserta. Program Bangkit memberikan kesempatan kepada peserta untuk meningkatkan softskill dan juga  dapat membangun relasi yang lebih luas. Mempelajari sudut pandang dan cara berpikir dari para peserta dan instructor.

Hal menarik lainnya dari Program Bangkit yaitu para kelompok peserta mempunyai media sosial yang berguna  untuk sharing aktivitas dan insight sesama keluarga Bangkit 2021 di aplikasi yang bernama Tribo. Selain itu juga ada Bangkit Student Portal yang selalu di update oleh Tim Bangkit 2021. Portal tersebut berisikan info penting seperti jadwal, dokumen (welcome kit, cohort guide, rewards guide, capstone playbook), bebagai macam form yang wajib diisi untuk situasi tertentu, berita-berita terbaru, informasi special sessions, bahkan ada newsletter yang mengingatkan peserta untuk tetap termotivasi. Semua ini untuk membantu 3.000 siswa Bangkit untuk menyelesaikan perjalanan pembelajarannya dengan sukses hingga Juni 2021. Ini sangat memudahkan dan membantu para peserta untuk terus up-to-date. (Sh)