MAHASISWA AKUNTANSI UVERS KUNJUNGI BANK INDONESIA KEPRI

Jumat, 2019-04-12 - 02:23:13 WIB

Batam, 9 April 2019 – Demi meningkatkan pengetahuan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) UVERS kembali melakukan kunjungan edukasi. Kali ini HIMAKSI dan Program Studi Akuntansi UVERS diberi kesempatan untuk melaksanakan kunjungan edukasi di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepualuan Riau. Kunjungan edukasi yang dilaksanakan pada Kamis (4/4) tersebut diikuti oleh sekitar 80 peserta yang terdiri dari para mahasiswa dan para dosen Program Studi Akuntansi.

 

Kunjungan edukasi tersebut diisi dengan presentasi yang disampaikan oleh beberapa narasumber, yaitu Yeni Astuti Anggraini, M. Reza Ali Khan, Cristian, dan Herbert Manurung. Beberapa fokus materi yang dibahas, yaitu seputar kebanksentralan, sistem pembayaran, keuangan inklusi, hingga perlindungan konsumen, dan pengelolaan uang rupiah.

 

Selain memperkenalkan tentang profil Bank Indonesia, Pihak Bank Indonesia juga memperkenalkan sistem pembayaran non tunai terbaru yang baru saja diluncurkan Bank Indonesia di Jakarta. Bank Indonesia meluncurkan Gerbang Pembayaran Nasioanal (GPN) sebagai sistem pembayaran non tunai yang menghubungkan seluruh Bank yang ada di Indonesia dalam satu sistem pembayaran.

 

Sebagai langkah awal untuk memperkenalkan sistem GPN, Bank Indonesia memberikan logo nasional pada kartu ATM atau kartu debet yang pengunaannya saat ini hanya bisa digunakan di dalam negeri. Kartu ATM atau debet berlogo GPN dapat diterima diseluruh terminal pembayaran merchant dalam negeri. Dengan kata lain, GPN bertujuan untuk menjadi pemersatu transaksi pembayaran nasional. Guna mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia menerbitkan Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 tanggal 21 Juni 2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017 tanggal 20 September 2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional.

Setelah mendapat materi seputar kebanksentralan, kegiatan ditutup dengan mahasiswa diajak berkeliling BI untuk melihat fasilitas yang dimiliki oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu tempat yang tak luput dari kunjungan mahasiswa adalah perpusatakaan yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Kunjungan edukasi yang dilaksanakan sebagai program dari Himaksi juga sebagai bentuk praktek lapangan atau materi pembelajaran seputar mata kuliah ekonomi makro. Melalui kunjungan edukasi yang dilaksanakan oleh HIMAKSI, diharapkan para mahasiswa mendapat materi secara langsung oleh pihak yang mengetahui dengan detail inflasi, kurs mata uang dan sistem pembayaran non tunai. (Sh)