INOVATION AND CREATIVITY DAY 2019 HADIRKAN PRODUK INOVATIF DARI MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN DAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS UNIVERSAL

Kamis, 2019-05-23 - 08:10:07 WIB

Batam, 21 Mei 2019 – Saat ini dunia entrepreneur memang sedang digandrungi oleh generasi muda. Tidak sebatas menciptakan usaha sendiri, namun usaha yang dikembangkan juga mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Usaha yang dikembangkan tentunya harus memiliki inovasi dan kreatifitas yang tinggi agar mampu bersaing di dalam dan luar negeri. Universitas Universal (UVERS) melalui Program Studi (Prodi) Manajemen telah mengembangkan konsep sosiopreneur yang menyeimbangkan antara aspek sosial dan profit. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya perusahaan yang kurang memperhatikan kesejahteraan lingkungan dan sosial di tempat mereka menjalankan usahanya.

Pada semester ini, Program Studi Manajemen membuat konsep yang berbeda dari semester sebelumnya. Dengan mengusung tema “Inovation and Creativity Day 2019”, Program Studi Manajemen mengajak Program Studi Sistem Informasi untuk melakukan kolaborasi dalam acara tersebut. Pada tema kali ini, Muhammad Trio Febriyantoro, S.E., M.M selaku dosen Program Studi Manajemen menjelaskan bahwa semester ini ia ingin menciptakan tugas akhir mahasiswa dalam bentuk produk-produk yang inovatif dan kreatif agar tentunya dapat bersaing dengan para kompetitor.

Kebetulan Program Studi Sistem Informasi memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mengembangkan aplikasi yang inovatif dari tugas akhir mahasiswanya. Maka terbentuklah pameran dengan tema “Inovation and Creativity Day 2019” yang berlangsung pada Sabtu (18/05) bertempat di Hall Gedung Pendidikan C Universitas Universal.

Pameran yang diikuti oleh para mahasiswa semester 6 Program Studi Manajemen dan mahasiswa semester 4 Program Studi Sistem Informasi ini, tidak hanya sekedar menampilkan produk tetapi juga ada beberapa penghargaan yang akan mereka raih dari produk dan aplikasi terbaik yang mereka ciptakan. Penilaian dilakukan melalui voting online jadi semua yang hadir dalam pameran tersebut dapat turut serta memberikan voting untuk produk dan aplikasi yang dirasa bagus. Melalui voting online tersebut makan terpilihlah 3 kategori terbaik yaitu Best Inovation Product diberikan kepada Nature Good dari Program Studi Manajemen yang menghasilkan produk dari kain perca seperti baju, tas dan bantal. Kemudian Best Creative Product diberikan kepada S-2 Design dari Program Studi Manajemen. S-2 Design menghasilkan produk kursi dan meja yang terbuat dari kardus. Dan yang terakhir adalah Best Inovatif Application diberikan kepada Metta AC dari Program Studi Sistem Informasi. Metta AC menciptakan sebuah web untuk mempermudah perusahaan dalam menerima pesanan konsumen yang akan melakukan service dan jasa cuci AC.

Muhammad Trio Febriyantoro, S.E., M.M selaku dosen dan Direktur Entrepreneurship Center UVERS menambahkan bahwa untuk selanjutnya akan ada tema-tema baru yang diciptakan untuk acara pameran dari tugas akhir mahasiswa ini. Ia mengatakan bahwa memang kegiatan ini akan berlanjut karena pada dasarnya kurikulum yang diciptakan memang sudah ditentukan dari semester 1 sampai seterusnya. Dari mereka mulai mengembangkan ide, eksekusi sampai menghasilkan produk dari ide tersebut. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa hal-hal yang ingin dikembangkan dari kegiatan tersebut adalah memperluas publikasi agar masyarakat umum turut hadir dalam kegiatan tersebut. Hal ini berkaitan dengan keinginan beliau untuk kegiatan selanjutnya yaitu dapat mempertemukan investor dengan yang menghasilkan produk, maka selanjutnya bisa menjadi Investor Day. (Sh)