GLINTS PERKENALKAN PERAN PENTING BUDAYA ORGANISASI PADA MAHASISWA UVERS

Jumat, 2020-11-27 - 07:01:49 WIB

Saat ini dunia masih menghadapi krisis akibat Pandemi Covid-19, tidak ada satupun sektor yang dapat lepas dari dampak yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut. Perguruan tinggi juga menjadi salah satu sektor yang tidak terhindar dari pembatasan aktivitas akibat Pandemi Covid-19. Meskipun terdampak oleh berbagai pembatasan tersebut, Universitas Universal (UVERS) selalu berupaya untuk memberikan pembelajaran terbaik bagi mahasiswa.

Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memperkaya wawasan mahasiswa adalah dengan menghadirkan dosen tamu dalam mata kuliah secara daring. Dengan kerjasama yang telah terjalin antara UVERS dan Glints Singapore, UVERS menyelenggarakan kuliah tamu daring dengan pemateri dari Glints Singapore. Kegiatan kuliah tamu yang dilaksanakan pada Selasa (24/11) malam tersebut dikemas dalam mata kuliah Perilaku Organisasi di program studi Manajemen.

Kuliah tamu bertajuk “Building a Virtual Team at Glints” yang diselenggarakan di platform Zoom Meeting tersebut menghadirkan Billy Jantriko selaku Business Lead di Glints TalentHub. “Karena Glints memiliki virtual team dan kebetulan pertemuan tersebut membahas tentang struktur dasar dan budaya organisasi.” ujar Irfan, S.Psi., M.M., CPHCM selaku dosen pengampu mata kuliah Perilaku Organisasi. Ia menyampaikan bahwa pembahasan tentang Glints Singapore menjadi menarik karena Glints memiliki karakteristik struktur organisasi khususnya tim virtual. Selain itu, faktor yang menciptakan dan menopang budaya organisasi di Glints juga menjadi pembahasan inti.

Billy Jantriko menerangkan bahwa budaya dan nilai perusahaan memainkan peranan penting di Glints Singapore, sebab hal tersebut turut menjadi pedoman bagi perusahaan untuk menentukan arah keputusan. Glints Singapore sendiri mengusung nilai RIIBCOH, yaitu Relentlessly Recourceful, Integrity, Impact, Beginers Mindset, Customer Obsessed, Ownership, dan High Standards.

Dalam upaya untuk memastikan nilai-nilai tersebut dijalankan dengan baik, Glints Singapore memulainya dengan merekrut orang yang tepat untuk bergabung dalam tim. Dengan menjalankan nilai perusahaan dengan baik, Billy menyebutkan produktivitas perusahaan hingga saat ini meningkat hingga 650% dan keuntungan perusahaan ikut terdongkrak naik menjadi 1313%. Kunci dalam pencapaian tersebut adalah dengan merangkul perubahan yang terjadi, bukan melawan perubahan tersebut. (AS)