DOSEN DAN MAHASISWA UVERS BUKTIKAN DIRI DI SIMPOSIUM NASIONAL AKUNTANSI VOKASI

Jumat, 2017-07-14 - 13:47:21 WIB

Perkembangan ilmu pengetahuan tidak pernah menemui akhir. Ilmu pengetahuan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Salah satu ilmu pengetahuan yang selalu berkembang adalah Ilmu Akuntansi. Demi terus mengembangekan kompetensi sumber daya manusia, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) berpartisipasi dalam kegiatan Simposium Nasional Akuntansi Vokasi Ke 6 tahun 2017. Simposium tersebut berlangsung dari tanggal 4 Mei hingga 6 Mei 2017.

Bertempat di Ibis Style Hotel Batam, Universitas Universal (UVERS)mengutus 3 tim yang terdiri dari 1 tim dosen dan 2 tim mahasiswa. Yentina Siregar, S.E., AK., M.Si., CA (Ketua Program Studi Akuntansi) dan Bornok Situmorang, S.E., M.Ak (Dosen Program Studi Akuntansi) mewakili tim dosen dalam simposium tersebut dengan judul penelitian “Ketepatan IFRS (International Finance Reporting Standard), Keahlian Tugas Auditor, dan Judgement Framework atas Opini Auditor.” Penelitian tersebut berfokus pada perihal perubahan Generally Accepted Principle (GAP) menjadi International Finance Reporting Standard (IFRS).

Perubahan yang kemudian menjadi perubahan standar akuntansi internasional tersebut banyak menyebabkan perubahan kebijakan akuntansi. Perubahan tersebut memerlukan pemahaman yang detail dari auditor untuk memberikan opini yang tepat. Kebijakan dalam IFRS akan sangat menentukan kebijakan auditor. Perubahan tersebut juga menuntut auditor untuk memiliki judgement framework, sebab opini seorang auditor sangat bergantung pada kemampuan judgement-nya.

Penelitian ini memberikan bukti-bukti empiris bahwa perubahan kebijakan secara otomatis akan mempengaruhi opini auditor. Tujuan selanjutnya adalah membantu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memantau kemampuan auditor terkait perubahan regulasi saat ini. Kemudian penelitian ini juga akan membantu pengguna laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia untuk memilih Kantor Akuntan Publik yang tepat untuk melakukan audit pada perusahaannya.

“Tujuan kami dari prodi adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM Universitas Universal, terutama kompetensi dosen.” Ujar Yentina Siregar, S.E., AK., M.Si., CA. Ia berpendapat, untuk meningkatkan kompetensi tersebut para dosen dan program studi perlu intens untuk mengikuti simposium skala nasional. Ia juga menjelaskan bahwa Universitas Universal (UVERS) dapat meningkatkan kualitas lulusan melalui kegiatan serupa.

Diikuti oleh politeknik-politeknik dan beberapa universitas dari seluruh Indonesia, Universitas Universal (UVERS) mendapatkan predikat juara 1 dalam kategori orisinalitas karya tingkat dosen. Yentina Siregar, S.E., AK., M.Si., CA berharap dukungan penuh dari semua pihak agar pada kesempatan lain Universitas Universal (UVERS) dapat lebih membuktikan diri di tingkat nasional maupun internasional. (AS)