DENESA EKALISTA TERPILIH SEBAGAI MAHASISWA BERPRESTASI PERINGKAT 3 LLDIKTI WILAYAH X

Kamis, 5 Januari 2023
denesa-ekalista-terpilih-sebagai-mahasiswa-berprestasi-peringkat-3-lldikti-wilayah-x

Setiap perguruan tinggi senantiasa mendorong mahasiswanya untuk berkegiatan aktif dan berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik. Catatan prestasi dan keaktifan tersebut akan turut meningkatkan daya saing mahasiswa setelah menyelesaikan proses pendidikan tingginya. Universitas Universal (UVERS) juga turut mendukung mahasiswanya untuk meraih berbagai prestasi, salah satunya ialah Denesa Ekalista, mahasiswa Program Studi Akuntansi angkatan 2020. Denesa berhasil dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi peringkat 3 di level Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, dan Riau.

 

Denesa mengawali perjalanannya di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau Pilmapres tingkat universitas yang diselenggarakan oleh UVERS. Dengan gagasan kreatif yang diajukannya, Denesa berhasil terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi UVERS tahun 2022. Berbekal predikat yang diraihnya di tingkat universitas, ia terus melaju ke Pilmapres tingkat LLDIKTI Wilayah X. Di tingkat ini, gagasan kreatif, Bahasa Inggris, dan capaian unggulan menjadi variabel yang diperhatikan oleh tim penilai. Berkat keuletan dan kerja kerasnya, Denesa berhasil terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Peringkat 3 tingkat LLDIKTI Wilayah X. Keberhasilan tersebut mengantarkan gadis asal Dabo Singkep tersebut untuk melaju ke seleksi Mawapres tingkat Nasional.

 

Denesa bercerita, keikutsertaannya dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi tersebut diawali dengan rasa penasaran dan keinginannya untuk terus mengembangkan diri. Di tengah berbagai kesibukan yang dijalaninya, ia menyebutkan bahwa hasil yang diraih cukup mengejutkan sebab ia tidak memasang target untuk melangkah lebih jauh namun nasib berkata lain. Fenomena terpilihnya Denesa sebagai mahasiswa berprestasi tingkat universitas dan LLDIKTI Wilayah X tidak diraih secara instan, melainkan hasil dari berbagai prestasi dan kebiasaannya untuk aktif berkegiatan.

 

Dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Denesa mengajukan 10 prestasi unggulan yang pernah dicapai olehnya. Ia tercatat sebagai penulis utama buku antologi puisi solo ber-ISBN berjudul “Ours : Tentang Kita yang Tak Mengenal Kata Usai”. Selanjutnya, Denesa juga tercatat sebagai penulis kedua buku antologi puisi ber-ISBN berjudul “Antologi Puisi Napau Pelajar se-Kabupaten Lingga” dan “Jazirah Sepuluh : Palung Kerinduan”. Selain itu, ia juga berkarir di organisasi Youth Ranger Indonesia sebagai Vice Chief Creative Officer dan Ketua GenRe Kepulauan Riau. Berbagai pengalaman tersebut kemudian mengantarkannya untuk dipercaya sebagai Juri Apreiasi Duta GenRe Kepulauan Riau tahun 2022, Juri Lomba Poster Youth Ranger Indonesia, Narasumber dan Fasilitator dalam Workshop “Tentang Kita” Provinsi Kepulauan Riau, hingga Narasumber RagamTalks. Tidak ketinggalan, Denesa juga dinobatkan sebagai Juara 2 Lomba Cipta Puisi tingkat Nasional pada Event Buku Bareng.

 

“Kalau saya sih intinya tahu prioritas dan tanggung jawab” sebut Denesa. Ia menyebutkan kedua hal tersebut yang mendukungnya menjadi pribadi yang mampu mengatur waktu di tengah kesibukannya sebagai pimpinan organisasi dan mahasiswa aktif di UVERS. Tidak kalah penting, Denesa menegaskan bahwa untuk memulai semua itu perlu diawali dengan mengenali diri sendiri, yang kemudian dapat dilanjutkan dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai berdasarkan kemampuan diri sendiri. Ia mengakui, selama ini kesuksesannya didukung oleh kebiasaannya dalam menghargai setiap proses yang dilalui. (AS)