ARTIKEL - Data Analyst itu apa sih?

Senin, 1 Agustus 2022
artikel-data-analyst-itu-apa-sih

Halo Sobat UVERS! Nah seperti apa yang mimin sampaikan sebelumnya kalau kita akan membahas satu persatu dari 5 kategori pekerjaan serta skill yang paling dibutuhkan beberapa tahun ke depan. Sekarang kita akan coba mengupas tuntas tentang pekerjaan yang pertama, yaitu Data Analyst.

 

Apa itu Data Analyst?

Data analyst merupakan suatu profesi yang tugas utamanya adalah meneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis data ini sangat penting bagi perusahaan dalam menentukan keputusan bisnis untuk mengembangkan perusahaannya. Di dunia bisnis, data analyst melakukan riset untuk kepentingan marketing atau pengembangan produk, dimana mereka melihat aktivitas target pasar di internet. Bisa dari apa yang sering target pasar cari di mesin pencarian dan media sosial. Nantinya, data tersebut akan digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan perusahaan terkait hal-hal tertentu, misalnya penjualan, pemasaran, konsumen, dan sebagainya. 

 

Ngapain aja ya kerjanya?

Nah, ada beberapa poin utama tentang apa saja tugas dan tanggung jawab seorang data analyst, yakni:

  1. Memperoleh data dari sumber primer dan sekunder kemudian mengatur ulang data tersebut dalam format yang dapat dengan mudah dibaca
  2. Mengembangkan dan memelihara database.
  3. Melakukan analisis data berdasarkan tren yang dapat memberi pengaruh besar untuk proyek perusahaan maupun klien. 
  4. Membuat laporan hasil analisis data.

Perlu skill apa aja?

Dari sekian banyak skill yang dibutuhkan, UVERS telah merangkum setidaknya ada enam hardskill yang harus kamu punya nih. Ada apa aja? Simak yaaa:

    1. Mahir mengoperasikan Microsoft Excel
    2. Menguasai bahasa pemrograman seperti SQL, XML, Javascript dll.
    3. Kemampuan memvisualisasikan data menggunakan tools SAS, Tableau, atau Cognos.
    4. Memahami dan mengaplikasikan konsep statistik
    5. Kemampuan Data Warehousing yang baik, yakni memantau dan memastikan data tersimpan dengan aman.
    6. Membuat laporan, kamu juga harus mempresentasikan sekumpulan data tersebut kepada perusahaan atau klien berupa informasi yang dapat disimpulkan.

Kesimpulan

Setelah kita membahas tentang apa itu data analyst, kerjanya seperti apa dan skill yang dibutuhkan, sampailah kita pada kesimpulan pembahasan, yakni:

  1. Data analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan menganalisis data untuk dapat diolah ke dalam bentuk laporan untuk membantu proses manajemen bisnis. 
  2. Tugas dan tanggung jawab utama yang harus dilakukan adalah menganalisis dan menafsirkan berbagai bentuk data yang diproses dan dikembangkan untuk mendukung kebutuhan bisnis  perusahaan.
  3. Skill yang wajib dimiliki oleh seorang data analyst selain dalam memiliki kemampuan untuk membaca sebuah data dari berbagai sudut pandang, juga mampu untuk menggunakan bahasa pemrograman pada sisi server seperti SQL, Python, R, dan lain sebagainya.

Oke sobat UVERS, sekarang sudah pada tahu tentang profesi data analyst yaa. Apakah kamu tertarik dengan profesi ini? Yuk persiapkan karirmu dengan UVERS!

 

Credit image: unsplash.com