KUNJUNGAN STUDI MAHASISWA FAKULTAS BISNIS UVERS KE DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI KOTA BATAM

Senin, 21 November 2022
kunjungan-studi-mahasiswa-fakultas-bisnis-uvers-ke-direktorat-jenderal-bea-dan-cukai-kota-batam

Batam, 21 November 2022 – Kegiatan Studi diluar ruangan merupakan salah satu kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan kepada peserta didik melalui praktek dan melihat secara langsung proses kerja yang dijalankan. Kali ini Mahasiswa Fakultas Bisnis Universitas Universal (UVERS) melakukan kegiatan kunjungan studi ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kota Batam. Tujuan dari kunjungan studi tersebut yaitu memperkenalkan dalam rangka menambah wawasan mahasiswa tentang peran, tanggung jawab dan wewenang Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC).

Kunjungan studi dilaksanakan pada Selasa (15/11) bertempat di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai. Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaksi) sebagai pelaksana kegiatan kunjungan studi. Para mahasiswa dan dosen disambut oleh Zefri Septiabe sebagai Pelaksana Pemeriksa dan juga sebagai pemateri dalam kegiatan kunjungan tersebut. Selain itu juga ada Sabaruddin Rahmat Pasaribu Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan yang juga sebagai pemberi materi untuk memperkenalkan tentang DJBC. Melalui materi yang disampaikan, wawasan tentang DJBC disampaikan dengan detail dari mulai pnegertian/posisi DJBC dalam Kementerian Keuangan, fungsi dan peran DJBC sampai penjelasan lengkap mengenai bea cukai dan Kawasan-kawasan terkait penerapan ketentuan hukum tentang bea dan cukai.

Kunjungan studi tersebut menjadi wadah dalam menambah wawasan mahasiswa Prodi Akuntansi UVERS. Laurentia Alvira Angelica sebagai ketua panitia pelaksana Kunjungan Studi ke Bea dan Cukai menyampaikan bahwa, “Kesannya yang pasti senang bisa kunjungan studi ke Bea Cukai, karena dengan kegiatan tersebut pastinya mendapatkan ilmu tambahan dari luar kampus yang mungkin tidak di dapatkan saat di dalam kelas. Tapi karena waktu yang terbatas, sehingga materi yang diberikan tidak begitu banyak.” Beliau berharap bahwa kedepannya jika dilaksanakan lagi kegiatan kunjungan studi maka tidak hanya penjelasan melalui materi yang diberikan tetapi juga bisa melihat secara langsung proses kerja dilingkungan institusi tempat kunjungan selanjutnya. (Sh)