UVERS BUKTIKAN DIRI DALAM KOMPETISI BAHASA MANDARIN NASIONAL

Sabtu, 15 Juli 2017
uvers-buktikan-diri-dalam-kompetisi-bahasa-mandarin-nasional

Bahasa Mandarin kini telah menjadi salah satu bahasa yang paling diperhitungkan di dunia. Hal tersebut mendorong banyak orang untuk menguasai bahasa mandarin. Bukan hanya dipelajari, Bahasa Mandarin kini juga diperlombakan pada berbagai tingkat. Salah satu perlombaan bergengsi adalah Kompetisi Bahasa Mandarin “Chinese Bridge” se-Indonesia. Hingga tahun ini, kompetisi ini telah berlangsung sebanyak 17 kali dan diselenggarakan dari 17 Juni hingga 18 Juni 2017.

Universitas Universal (UVERS) melalui Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin juga turut serta dalam kompetisi tersebut. Perlombaan yang diselenggarakan di Jakarta tersebut terdiri dari lomba tertulis, pidato Bahasa Mandarin, dan pertunjukan kesenian Tiongkok. Tahun ini, Universitas Universal (UVERS) mengirimkan 3 mahasiswa untuk berpartisipasi, yaitu Williem Wijaya, Herlin Charlin, dan Hendy Wiranto.

Meski kompetisi kali ini adalah kompetisi Chinese Bridge tingkat nasional perdana yang diikuti, Universitas Universal (UVERS) melalui mahasiswanya Williem Wijaya berhasil mendapatkan predikat Pidato Bahasa Mandarin Terbaik.

“Saya tidak sempat berpikir memiliki kesempatan untuk mendapatkan juara tersebut karena peserta lain juga sangat tangguh, namun saya berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik.” Ujar Williem Wijaya. Lulusan SD, SMP, dan SMA Maitreyawira tersebut juga mengaku sempat tidak percaya diri dengan kemampuannya.

Angel Yew, S.S., MTCSOL selaku salah satu dosen program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal (UVERS) menyatakan mahasiswa harus sering mengikuti kompetisi bergengsi seperti ini agar mahasiswa dapat lebih cepat meningkatkan kemampuan bahasa mandarin, sebab diperlukan upaya ekstra untuk mempelajari pengetahuan dan budaya Tiongkok yang belum dipelajari di kelas sekaligus belajar untuk menjadi seorang performer yang baik.

Angel Yew, S.S., MTCSOL juga berharap program studi Pendidikan Bahasa Mandarin dapat meningkatkan diri dan meraih prestasi pada kompetisi-kompetisi bergengsi lainnya. (AS)